JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Bawaslu Solo Sebut Kerawanan Pilkada Solo di Tingkat Sedang

Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tingkat indeks kerawanan pemilu (IKP) di Kota Solo berada di angka 46,24 atau masuk kategori sedang. Angka tersebut menempatkan Kota Solo berada di peringkat ke empat diantara kabupaten/kota di Soloraya.

Data tersebut merupakan hasil rilis IKP Bawaslu Solo. Dari data tersebut, Kabupaten Sukoharjo memiliki IKP 57,98 disusul Kabupaten Sragen menduduki peringkat kedua dengan angka 56,69.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

Selanjutnya berada di peringkat ketiga Kabupaten Klaten dengan IKP 52,97. Setelah Solo, menempati posisi ke lima dan ke enam yaitu Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Wonogiri dengan angka IKP sama yaitu 45,18.

“Kota Solo masuk kategori sedang. Kami terus melakukan antisipasi untuk segala kemungkinan yang dapat terjadi khususnya di masa pandemi ini,” papar Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono, Minggu (5/7/2020).

Baca Juga :  Gerak Cepat, Gibran Akan Temui Tokoh-tokoh Usai Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

Hasil penghitungan IKP tersebut dilakukan dari empat komponen yakni konteks sosial, konteks politik, dukungan infrastruktur serta konteks pandemi.

“Berdasarkan angka IKP tersebut kemudian kami memutuskan untuk menerapkan langkah selanjutnya yaitu menegakkan protokoI kesehatan, social distancing pada tahapan, terutama verifikasi faktual, pemutakhiran data pemilih, metode kampanye dan pungut hitung,” tukas Budi. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com