JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Cegah Kerumunan, Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Agung Solo Digelar Tertutup

Pengecekan hewan kurban. Foto: Joglosemarnews/Wardoyo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Untuk pertama kalinya Masjid Agung Solo akan melakukan penyembelihan hewan kurban secara tertutup. Hal itu dilakukan untuk menghindari terbentuknya kerumunan massa.

Tahun-tahun sebelumnya, Panitia Hari Raya Idul Adha Masjid Agung Solo selalu menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban secara terbuka. Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muhtarom, mengungkapkan, tata cara penyembelihan hewan kurban tahun ini berbeda dari sebelumnya akibat dari pandemi covid-19.

“Kita mengantisipasi agar tidak terjadi kerumunan saat warga menonton. Untuk itu penyembelihan hewan kurban akan dilakukan secara tertutup,” ujarnya, Kamis (24/7/2020).

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Hal sama diberlakukan untuk proses pe distribusikan daging hewan kurban. Sebelumnya pembagian daging hewan kurban diberikan secara umum untuk masyarakat yang hadir di lokasi. Namun kali ini, panitia sudah menetapkan titik-titik mana saja yang akan dibagi daging hewan kurban.

“Pembagian daging hewan kurban kami utamakan bagi warga Kelurahan Kauman atau sekitar Masjid Agung. Kami akan mendistribusikannya secara langsung,” imbuh Muhtarom.

Baca Juga :  Desak Pemakzulan Jokowi,  Aksi Demo di Depan Balaikota Solo Diwarnai Aksi Bakar Ban

Dia menambahkan, sampai saat ini sudah ada enam ekor sapi yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha tanggal 31 Juli 2020 mendatang. Satu dari enam sapi tersebut merupakan bantuan dari Presiden Jokowi.

“Sedangkan terkait dengan oenyelenggaraan Sholat Idul Adha, Masjid Agung akan mengadakan salat Idul Adha sesuai dengan anjuran Kemenag (Kementerian Agama) dengan menerapkan protokol kesehatan. Saf salat diterapkan dengan jaga jarak,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com