JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dipercaya Salurkan Bansos 4 Desa, BUMDes Berkah Sejahtera Desa Dawung Sragen Sampaikan Terimakasih ke Gubernur Ganjar. Ketua BUMDes Sebut Amanah Bansos Telah Bangkitkan BUMDes dari Mati Suri

Penyaluran bansos dari Provinsi di 4 desa di Kecamatan Sambirejo Sragen yang dikelola dan dipusatkan di BUMDes Berkah Sejahtera Desa Dawung dan digelar melalui sistem drive thru, Jumat (24/7/2020). Foto/Wardoyo
Penyaluran bansos dari Provinsi di 4 desa di Kecamatan Sambirejo Sragen yang dikelola dan dipusatkan di BUMDes Berkah Sejahtera Desa Dawung dan digelar melalui sistem drive thru, Jumat (24/7/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Program penyaluran bantuan sosial (Bansos) dari Pemprov Jateng yang digulirkan selama dampak pandemi corona atau covid-19 saat ini memberi dampak positif bagi eksistensi badan usaha milik desa (BUMDes).

Tak terkecuali bagi BUMDes di Sragen. Sebanyak 55 BUMdes di Kabupaten Sragen mendapat kepercayaan untuk menjadi penyalur bansos untuk warga terdampak pandemi yang digulirkan Pemprov Jateng.

Dari puluhan BUMDes itu, salah satunya adalah BUMDes Berkah Sejahtera. BUMDes yang dirintis Pemdes Dawung, Kecamatan Sambirejo, Sragen ini juga dipercaya menjadi penyalur bansos dari Pemprov untuk 4 desa di wilayah Kecamatan Sambirejo.

Ketua BUMDes Berkah Sejahtera Desa Dawung, Sunardi mengungkapkan BUMDes yang dipimpinnya memang mendapat kepercayaan bersama 55 BUMDes se-Kabupaten Sragen yang tergabubg dalam wadah paguyuban BUMDes Sragen.

BUMDes yang dipimpinnya dipercaya menyalurkan bansos untuk 4 desa. Yakni Desa Dawung sebanyak 430 paket, Desa Jetis 244 paket, Desa Jambeyan 97 paket dan Desa Sukorejo 40 paket.

Baca Juga :  Curahan Hati Ribuan Pekerja Seni Ngisor Tarub Sragen, Sudah 6 Bulan Puasa Penghasilan. Desak Izin Hajatan Dibuka Lagi, Bupati Minta Waktu 5 Hari untuk Koordinasi Polda

Penyaluran dilakukan mulai tadi pagi pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB di halaman BUMDes. Sunardi menguraikan total ada 811 paket Bansos yang disalurkan untuk 811 KPM (keluarga penerima manfaat) yang ada di empat desa.

“Alhamdulillah semua paket sudah dapat terbagikan semua dengan standar protokol kesehatan. Sesuai instruksi dari Pak Camat penyaluran menggunakan sistem drive thru, penyaluran tadi juga kami terapkan dengan semua penerima mengendara sepeda motor supaya tidak antri. Lalu bantuan disalurkan dengan lancar,” papar Sunardi di sela-sela penyaluran bansos, Jumat (24/7/2020).

Pengemasan paket bansos sembako yang diadakan dari Pemprov Jateng di BUMDes Berkah Sejahtera Dawung. Foto/Wardoyo

Sunardi menguraikan paket sembako dari Pemprov itu terdiri dari beras,minyak, kecap, ikan sarden, mie instan dan telur.

Paket bansos itu dinilai juga menjadi wahana pemberdayaan bagi unit usaha yang ada di Sragen maupun sekitarnya. Sebab bahan sembakonya diberdayakan dari BUMDes-BUMDes paguyuban.

Misalnya untuk telur dibeli dari peternak Sragen, beras dari penggilingan padi Sragen, sedangkan barang pabrikan juga diusahakan disuplai dari beberapa anggota paguyuban BUMDes di Sragen.

Baca Juga :  Jualan Sepi Dampak Pandemi Covid-19, Tukang Pentol Goreng Asal Tangen Nekat Bunuh Diri Terjun dari Jembatan Sapen. Padahal Anak Keduanya Masih Bayi

“Ini sangat positif untuk memberdayakan BUMDes dan juga menggerakkan unit usaha dari petani dan peternak yang memproduksi beras dan telur sehingga dapat membantu menyerap produk mereka,” tutur Sunardi.

Mewakili keluarga besar BUMDes Berkah Sejahtera, pihaknya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Dinsos Provinsi, Dispermades Provinsi, Bupati Sragen hingga Kades Dawung yang sudah membantu mendukung pengelolaan dan memberikan kepercayaan kepada BUMDes untuk menyalurkan bansos.

Selain sebuah kehormatan, amanah penyaluran Bansos itu juga seolah menjadi momentum bagi BUMDes untuk bangkit dan makin maju.

“Ini juga sebagai kebanggaan karena BUMDes sebelumnya lebih banyak mati suri. Lalu Pak Ganjar menggugah kembali dengan memberikan kepercayaan menjadi pengelola dan penyalur bansos agar BUMDes bisa kembali berjalan dan bangkit untuk lebih maju. Alhamdulillah, melalui kepercayaan ini semua anggota makin semangat untuk maju dan berdaya lagi,” urainya. Wardoyo