JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kubu Tommy Soeharto Anggap Partai Berkarya Pimpinan Muchdi Pr Ilegal

Muchdi Pr / tempo.co
   
Muchdi Pr / tempo.co

JAKARTA JOGLOSEMARNEWS.COM -Langkah Muchdi Pr membawa Partai Berkarya versi Munaslub untuk mendukung Joko Widodo (Jokowi) masih belum mulus. Pasalnya, kubu Tommy Soeharto si Partai Berkarya menganggap Musyawarah Nasional Luar Biasa yang digelar Badaruddin Andi Picunang cs sebagai forum ilegal.

Ketua DPP Partai Berkarya Vasco Ruseimy mengatakan acara itu sudah dibubarkan langsung oleh Tommy sebelum dimulai.

“Munaslub dari mana? Toh kemarin kan acara ilegal tersebut sudah dibubarkan langsung oleh ketua umum kami, Pak Tommy Soeharto,” kata Vasco kepada Tempo, Minggu (12/7/2020).

Vasco mengatakan partai memiliki aturan untuk menggelar kegiatan yang mengatasnamakan partai, termasuk Munaslub. Ia mengatakan aturan-aturan itu ada dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga partai.

Baca Juga :  Sejak Pilpres 2004 Hingga 2024, MK Selalu Tolak Gugatan Pilpres, Prabowo Cetak ‘Hattrick’ Ditolak MK, Kini Kondisi Berbalik

“Bukan seenaknya begitu. Pesertanya siapa, penyelenggaranya apa, dan atas dasar apa. Itu kan enggak jelas,” kata Vasco.

Menurut Vasco, Partai Berkarya sebelumnya telah menggelar rapat pleno dan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) yang dihadiri seluruh ketua, sekretaris, dan bendahara pimpinan wilayah seluruh Indonesia.

Dia menyebut, dalam forum itu seluruh pimpinan daerah jelas meminta agar oknum yang ingin memecah belah partai diberhentikan. Pleno dan Rapimnas itu digelar pada Rabu (8/7/ 2020) lalu.

“Lucu ah, apalagi oknum-oknumnya kan juga sudah diberhentikan sebelumnya di Pleno dan Rapimnas. Jadi ya sudah tidak berhak mengatasnamakan partai,” ujar dia.

Baca Juga :  Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September 2024, Yang Sudah Menikah Boleh Bawa Keluarganya

Munaslub Berkarya itu digelar oleh Presidium Penyelamat Partai Berkarya yang terbentuk Maret lalu. Menurut Ketua Munaslub, Badaruddin Andi Picunang, Munaslub tetap terselenggara kendati dibubarkan oleh Tommy Soeharto sebelum acara dimulai. Acara itu kemudian memilih Muchdi Pr sebagai Ketua Umum berkarya.

Badaruddin mengatakan, acara dipindah ke markas Presidium Penyelamat Partai Berkarya. Dia mengklaim forum itu diikuti 30 DPW dan 370 DPD dan digelar secara langsung serta daring.

Menurut Vasco, beberapa orang yang tadinya tergabung dalam Presidium Penyelamat Partai Berkarya itu sudah kembali ke kubu Tommy. Termasuk Ketua Presidium Ahmad Gusro.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com