JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kwarcab Karanganyar Sukses Luncurkan Duta Pramuka Melalui Seleksi Ketat Via Daring

Kurniadi Ketua Kwarcab Karanganyar. Foto: Beni Indra
Kurniadi Ketua Kwarcab Karanganyar. Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Meski Covid-19 disinyalir masih mengancam, namun tidak menyurutkan tekad pengurus pramuka Kwarcab Kabupaten Karanganyar melakukan seleksi puta-putri terbaik sebagai Duta Pramuka tahun 2020, Selasa (28/07/2020).

Pada seleksi Duta Pramuka kali ini Kwarcab Karanganyar menggelar 7 secara daring atau online dengan peserta yang  cukup banyak hingga berhasil menjaring 60 peserta yang  mendaftar.

Sedangkan materinya juga cukup berat terbagi 4 sesi yakni mulai dari seleksi tentang wawasan umum dan khusus guna mengetahui kadar pengetahuan si calon Duta Pramuka. Seleksi dilakukan secara daring.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Karanganyar, Kurniadi mengatakan pihaknya sangat benar-benar selektif mencari SDM handal profesional sosok Duta Pramuka sehingga tidak asal-asalan dan bagian dari rutinitas tahunan. “Perkembangan zaman kian pesat, digitalisasi sehingga pemenang Duta Pramuka Kwarcab Karanganyar ini harus ngabehi dan mumpuni (menguasai semua lini) terutama bidang pramuka dan pengembangannya,” tandasnya.

Baca Juga :  Pangdam dan Kapolda Jateng Kompak Ziarah ke Makam Soeharto di Giribangun Karanganyar. Pangdam Sebut Soeharto Orang Yang Berjasa pada RI dan TNI!

Untuk itu lanjut Kurniadi yang juga Kepala Badan Keuangan Daerah BKD materi tesnya benar-benar berat serta dinilai juri berkelas. Diketahui materi seleksi kedua adalah bakat dan audiensi melalui pengumpulan vidio pada tgl 25 juli 2020 diharapkan dari tes ini terpantau kemampuan spesifikasi peserta.

Selanjutnya adalah materi test tertulis melalui google form dan pemantauan melalui google meet pada tgl 26 juli. Jika peserta lolos pada seleksi umum maka masuk tahap wawancara guna mengerucutkan nama-nama yang lolos pada tahap penyisihan.

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Landa Pabrik Plastik di Sroyo Jaten Karanganyar. Karyawan dan Warga Panik Berhamburan, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Dari hasil tes keseluruhan berhasil terpilih juara satu putra yakni  Galuh Guntur Saputro dari SMAN I Karanganyar dan pemenang putri Calista Happy Rosita Dewi DMAN Karangpandan.

Terhadap para pemenang Kurniadi yang juga lulusan IPDN tersebut mengungkapkan perihal tugas berat Duta Pramuka yakni harus bisa menjadi role model dari pramuka penegak dan pandega yang ada di wilayah kab. Karanganyar. Selain itu harus bisa membantu tugas pembinaan pramuka penegak pandega melalui dewan kerja cabang. (Beni Indra)