JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Nasi Goreng Durian Sambal Terasi, Hidangan Tak Biasa dari Malaysia

Tangkapan layar tampilan nasi goreng durian yang diunggah food vlogger Trevor James di Facebook. Foto: Facebook/The Food Ranger
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

PENANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Sering makan nasi goreng? Penggemar buah durian? Penyuka sambal terasi? Bagaimana jika ketiganya digabungkan dalam satu hidangan.

Tak biasa, namun hidangan itu benar-benar ada. Adalah Trevor James, seorang vlogger asal Kanada yang telah mencicipi dan merekam cara memasak sajian tak biasa tersebut saat singgah di Kuala Lumpur, Malaysia.

Lewat sebuah video di serial Street Food Around The World garapannya, James memperlihatkan sajian spesial itu, yang merupakan salah satu menu di restoran di Penang, Ah Chong Fried Rice.

Sajian nasi goreng itu dimasak dan dihiasi dengan durian jenis Musang King. Lewat cuplikan video yang dibagikan James di akun Facebook miliknya, masakan itu awalnya terlihat tak berbeda dengan nasi goreng biasa.

Baca Juga :  Gurihnya Sego Berkat Wonogiri, Ada 2 Gaya Lho. Kini Bisa Disantap Tanpa Perlu Menunggu Ada Hajatan

Diawali dengan menggoreng udang, kemudian dimasukkan kol, wortel, telur, serta ditambah saus kecap dan tentunya nasi, yang kemudian dimasak.

Hal yang tak biasa mulai terlihat setelah satu mangkuk daging durian dimasukkan ke dalam campuran nasi goreng tersebut. Aroma durian pun langsung menyeruak dan mendominasi sajian.

Setelah matang, nasi goreng durian disajikan di atas piring. Tapi tak selesai sampai di situ, karena sejumlah daging durian kembali ditambahkan di atas nasi goreng dan sambal belacan alias sambal terasi ikut dituangkan sebagai pendamping.

Lalu bagaimana dengan rasanya? Menurut James, yang juga memiliki kanal YouTube dengan nama The Food Ranger, rasanya tidak terduga cukup enak.

“Rasa dari semua bahannya saling melengkapi satu sama lain,” ucap pria yang dikenal lewat aksinya makan berbagai hidangan pedas itu.

Baca Juga :  Gurihnya Sego Berkat Wonogiri, Ada 2 Gaya Lho. Kini Bisa Disantap Tanpa Perlu Menunggu Ada Hajatan

“Saya suka rasa manis dari durian dan pedas dari sambal. Ini sungguh kombinasi yang mengejutkan.”

“Tekstur lembut dari daging durian membuat susah move on,” tambah James seperti dikutip Liputan6.com.

Video unggahan James itu pun viral dan menjadi sorotan banyak orang. Beberapa menganggap kombinasi ini sangat menarik tapi ada juga yang meragukan rasanya.

Ada yang mengatakan jika nasi cukup lazim disantap bersama beberapa makanan hasil fermentasi durian di beberapa wilayah di Negeri Jiran. Tertarik mencoba?