JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sepekan Jelang Idul Adha Masih Sepi Pembeli, Penjual Hewan Kurban Tawarkan Bonus Kambing

Ilustrasi hewan kurban / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Penjual hewan kurban, khususnya di Jakarta Timur, mengeluhkan masih sepinya pembeli. Padahal, perayaan Idul Adha tinggal sepekan lagi.

Cara tak biasa pun diambil para pedagang untuk mendongkrak penjualan hewan kurbannya di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

“Saya lagi coba menawarkan promosi beli sepuluh kambing gratis satu kambing jenis etawa seharga Rp12 juta per ekor,” ujar pedagang hewan kurban, Muhadin (50), di Jakarta Timur, Jumat (24/7/2020).

Haji Adin, begitu ia biasa dipanggil, berjualan hewan kurban sapi dan kambing di Jalan Kincan, Pondok Kelapa, Duren Sawit. Selama pandemi Covid-19, Adin merasakan dampak penurunan pendapatan hingga 50 persen dari waktu yang sama pada 2019.

Baca Juga :  Pemerintah Mulai Blokir Ponsel Ilegal, Perhatikan Ini Saat Beli Perangkat Telekomunikasi. Pastikan IMEI Sudah Terdaftar di CEIR

Transaksi penjualan selama pandemi Covid-19 terasa lebih sepi sebab konsumen dari kalangan perusahaan belum ada yang membeli hewan kurban di lapak Adin. Sampai saat ini, dagangannya baru laku 40 persen saja dengan mayoritas pembeli perorangan. “Yang kantoran belum ada.”

Untuk itu Adin menawarkan promosi pembelian sepuluh ekor kambing gratis satu ekor kambing yang khusus ditawarkan selama pandemi Covid-19. “Tawaran ini berlaku sampai hari H Idul Adha,” ujarnya.

Hingga saat ini baru dua konsumen dari kalangan yayasan di Jakarta yang telah memperoleh kambing bonus itu. Namun Adin optimistis konsumen akan berdatangan pada akhir pekan ini untuk membeli hewan kurban mendekati hari H Idul Adha.

Baca Juga :  Ikut Membentuk KPK, Mega Mengaku Sedih Bila Ada Kepala Daerah Tersangkut Kasus Korupsi

Salah satu pembelinya adalah Jumali, 45 tahun, yang mengaku sudah sepuluh tahun terakhir berlangganan hewan kurban di lapak Adin. Lelaki itu membeli untuk yayasan. “Alhamdulillah dapat bonus satu ekor karena kita sudah berlangganan sama Pak Haji Adin sudah sepuluh tahun.”

Jumali merasa sangat beruntung memperoleh bonus satu ekor kambing secara gratis. “Mungkin karena Covid-19 ini jadi ada promosi gratis satu ekor, alhamdulillah,” kata dia.

www.tempo.co