JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Survei Elektabilitas Unggulkan Gibran, Deklarator Relawan Garuda Nilai Hasil Tak Fair dan Menggiring Opini Publik

Gibran Rakabuming Raka. istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Deklarator Relawan Garuda (Gerakan Rakyat Untuk Daerah Kota Surakarta), BRM Kusumo Putro menyebut hasil survei Solo Raya Polling yang mengunggulkan salah satu Bakal Calon Wali Kota, Gibran Rakabuming Raka, beberapa waktu lalu tak fair.

Kusumo menyebut hasil survei tersebut tidak mencerminkan kondisi riil saat ini dan cenderung menggiring opini publik. Dirinya memliki beberapa catatan berkait tak fairnya proses survei tersebut.

“Survei itu hanya dilakukan di empat kecamatan, padahal Solo itu ada lima kecamatan. Lalu kenapa Jebres tidak ada surveinya,” tegas Kusumo Putro.

Dia memaparkan, survei yang dilakukan juga tidak memasukkan pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakoso untuk dilakukan survei. Namun hanya sebatas setiap nama yang dipasangkan dengan Gibran dilawankan dengan pasangan Bagyo dan FX Supardjo dari independen.

Baca Juga :  Tenang, Wali Kota Pastikan Ganti Rugi Lahan Warga Terkena Penataan di Jalan Ir Sutami Solo

“Semestinya kalau fair maka juga memasukkan Purnomo sebagai Calon Walikota. Tinggal nanti dilihat siapa yang elektbilitasnya tinggi antara dua kandidat calon Walikota yang dipilih oleh rakyat Solo,” ujar dia.

Kusumo menambahkan, adanya survei sampai tiga kali yang kemudian disusul pernyataan sikap dari kelompok pendukung calon yang belum jelas kemampuannya membuktikan bahwa saat ini sedang berlangsung penggiringan opini publik masyarakat agar rekomendasi DPP PDI Perjuangan tidak jatuh ke pasangan Purnomo-Teguh.

“Hasil survei Pilwakot itu menurut saya hanya sekadar hiburan semata. Kalau unjtuk lucu-lucuan bolehlah, kami sudah tahu ke mana arah survei itu,” ujarnya.

“Untuk itu, saya sebagai simpatisan dan inisiator Relawan Garuda berharap kepada pihak-pihak tertentu yang tidak senang dengan Purnomo-Teguh jangan kerap memutar balikkan fakta akan kondisi riil di lapangan yang ada di Kota Solo. Termasuk menggiring opini masyarakat dengan survei itu,” tukas Kusumo.

Baca Juga :  Pasutri Asal Mojosongo Positif Corona Setelah Beberapa Hari Nol Kasus Covid-19 di Solo

Sebelumnya, Lembaga survei Solo Raya Polling merilis hasil survei terkait Pilkada Solo, 9 Desember mendatang. Survei yang dilakukan 14-20 Juni 2020 tersebut juga merilis elektabilitas bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo jika pilkada diikuti sejumlah pasangan.

Hasilnya Gibran Rakabuming Raka tetap unggul meskipun berganti pasangan. Gibran akan menang mutlak hingga 90 persen jika dipasangkan dengan Achmad Purnomo nakal calon wali kota Solo dari PDIP lainnya. Persentase tersebut bisa menyamai pasangan Jokowi-Rudy (Joko Widodo-FX Hadi Rudyatmo) saat Pilkada 2010 lalu. Prabowo