JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Viral Video Mobil Wapres Isi Bensin dari Jeriken, Disangka Eceran Ternyata Ini Penjelasannya

Tangkapan layar video viral mobil wakil presiden diisi bensin dari jeriken di pinggir jalan. Foto: Instagram/don_muzakir
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JOGLOSEMARNEWS.COM Sebuah video yang memperlihatkan mobil berplat nomor Indonesia 2 sedang isi bahan bakar melalui jeriken viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @don_muzakir itu, terlihat sejumlah pria berpakaian batik sedang berusaha memasukkan apa yang diduga bensin dari dalam jeriken ke sebuah mobil hitam.

Saat video bergerak, diketahui mobil mewah itu merupakan kendaraan dinas wakil presiden karena menggunakan plat Indonesia 2 dan ada bendera Merah Putih di bagian depan.

Dalam keterangannya, pengunggah video menuliskan, “Mobil wakil presiden kehabisan bensin. Terpaksa isi di pinggir jalan”.

Netizen yang menonton video itu pun ramai berkomentar dengan menyangka jika mobil wapres sedang diisi dengan bensin eceran. Tapi apakah benar demikian?

Melansir dari Liputan6.com, Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohammad Oemar, menjelaskan fakta sebenarnya soal video tersebut.

Oemar menjelaskan, mobil wapres dalam video tersebut bukan sedang diisi bensin eceran, melainkan Paspampres tengah mengisi bensin cadangan lantaran SPBU setempat tidak memiliki bahan bakar dengan kriteria yang sesuai dengan spesifikasi mobil wapres.

“Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM,” tulis Oemar dalam keterangan resminya, Sabtu (11/7/2020).

Dia mengungkap, setiap rangkaian kegiatan VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

Hal ini ditujukan, ketika diperlukan pengisian BBM namun tidak tersedia bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mobil Wapres di SPBU setempat.

Oemar menambahkan, video viral tersebut terjadi saat Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020.

Saat itu, Wapres Ma’ruf Amin tidak ada di mobil tersebut karena sedang meninjau SMAN 4 dalam persiapan New Normal bersama Mendikbud Nasdiem Makarim, Menag Fachrul Razi, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi,” tukas Oemar.

Baca Juga :  Pakar Komunikasi: Empati dan Komunikasi yang Baik Kunci Penyembuhan bagi Pasien Covid-19