JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Yuk, Ikuti Lomba Menulis Surat Cinta untuk Walikota Surakarta!

Ilustrasi surat / pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di tengah pandemi virus Corona, para siswa SD dan SMP di Kota Surakarta punya kesempatan untuk mengikuti lomba menulis surat cinta untuk Walikota Surakarta.

Lomba yang mengusung tema Semoga Corona Segera Sirna, Aku Sudah Rindu Sekolah itu diperuntukkan bagi para pelajar SD dan SMP Kota Surakarta, yang dibuktikan dengan KIA atau KK.

Lomba berlaku juga bagi pelajar yang berdomisili di Kota Surakarta, meski bersekolah di luar Kota Surakarta.

Demikian pula, lomba ini terbuka bagi para pelajar yang berdomisili di wilayah Subosukowonosraten dan bersekolah di Kota Surakarta.

Secara umum, surat akan dinilai dari aspirasi dan gagasan yang terkandung di dalamnya, serta harapan agar virus Corona tidak menular lebih luas.

Surat merupakan murni hasil karya sendiri, tidak mengandung SARA, ujaran kebencian dan kata-kata kasar yang memicu terjadinya konflik.

Sebagaimana tata cara surat pada umumnya, surat tersebut ditulis dengan mencantumkan tempat/lokasi, waktu dan tanggal surat, nama jelas pengirim dan tanda tangan, kelas dan asal sekolah.

Baca Juga :  Ilmu Komunikasi UMS Berhasil Mendapat Akreditasi A, Akan Membuka Konsentrasi Peminatan Sesuai Kebutuhan Pasar

Di samping itu, peserta juga diwajibkan untuk mengikuti (follow) akun instragram @disarpus_surakarta.

Surat selambat-lambatnya dikirimkan ke panitia pada tanggal 15 Agustus 2020 (cap pos), atau dikirim langsung ke kantor Disarpus Surakarta, Jalan Hasanudin 112 Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta.

Surat yang dikirim dimasukkan dalam amplop cokelat yang dibuat rangkap tiga (1 naskah asli dan 2 fotocopy). Pada bagian luar amplop ditulis: SURAT CINTA kepada WALIKOTA SURAKARTA.

Surat yang dikirim disertai dengan biodata penulis, terdiri dari nama, alamat, tempat/tanggal lahir, kelas, asal sekolah dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Ingat, surat ditulis tangan di atas kertas folio bergaris dengan ketentuan batas kiri 4 sentimeter dan batas kanan 3 sentimeter.

Surat merupakan hasil karya sendiri dan tidak mengutip dari sumber manapun, ditulis dengan bahasa Indonesia, sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Panjang surat dibatasi minimal satu halaman folio, dan maksimal dua halaman folio.

Para juara akan mendapatkan hadiah berupa Piala Walikota Surakarta, piagam, uang pembinaan dan bingkisan atau taliasih.

Informasi lebih lanjut mengenai lomba ini dapat menghubungi narahubung Tegar (081252545302) untuk lomba kategori SD. Sedangkan informasi mengenai lomba kategori SMP dengan contact person Nanda (081228869344).

Baca Juga :  Himadi Unisri Gelar Webinar, Hadirkan Wirausahawan Milenial

Kepala Disarpus Surakarta, Dra Sis Ismiyati, MM mengatakan, lomba tersebut digelar untuk merangsang para siswa agar gemar menulis.

“Apalagi di tengah pandemi, di mana anak-anak lebih banyak di rumah. Ini akan menjadi media yang baik untuk belajar menulis dalam suasana menyenangkan,” ujar Sis Ismiyati, Rabu (24/6/2020).

Masing-masing jenjang dalam lomba tersebut akan diambil Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2 dan 3. Juara 1-3 pada masing-masing jenjang akan mendapatkan piala dan piagam penghargaan yang ditandatangani Walikota Surakarta.

Sedangkan Harapan pada masing-masing jenjang juga mendapatkan piagam penghargaan. Sedangkan Juara 1-3 dari masing-masing jenjang pendidikan akan diundang untuk membacakan surat secara langsung di hadapan Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo pada saat penerimaan hadiah.

Bertindak selaku juri dalam lomba tersebut, Anas Syahirul (Ketua PWI Surakarta), Handindawan selaku praktisi dan dosen serta Hamdani MW, seorang jurnalis dan penulis. suhamdani