JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

1 Muharam 1442 Hijriah Jatuh pada 20 Agustus 2020, Ini Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam untuk Dibaca Seusai Shalat Ashar dan Maghrib Hari Ini

Ilustrasi berdoa. Foto: pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Tahun baru Islam atau 1 Muharam 1442 Hijriah akan jatuh pada Kamis (20/8/2020). Namun pergantian hari dalam Islam dimulai setelah Maghrib, sehingga awal pergantian tahun dalam kalender Hijriah terjadi pada Rabu (19/8/2020) petang hari ini.

Bulan Muharam dalam Islam adalah salah satu bulan yang istimewa. Pada bulan ini terjadi banyak peristiwa besar, di antaranya taubat Nabi Adam AS yang diterima Allah SWT, berlabuhnya kapal Nabi Nuh di Bukit Zuhdi dengan selamat, dibebaskannya Nabi Yusuf dari penjara kerajaan Mesir, Nabi Yunus keluar dengan selamat dari dalam perut ikan besar, hingga diselamatkannya Nabi Musa dan umatnya dari kejaran Firaun.

Sementara bagi umat Muslim, dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal tahun baru Islam.

Membaca doa akhir Tahun Baru Islam dapat dilakukan pada hari terakhir di bulan Dzulhijjah atau antara waktu Ashar hingga Maghrib, yaitu pada Rabu (19/8/2020) sebagai awal pergantian tahun di kalender Hijriah.

Berikut bacaan doa akhir tahun:

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Baca Juga :  Jadi Maling Spesialis Ponsel Kuli Bangunan, 2 Pria Ini Dibekuk Polisi

Allaahumma maa ‘amiltu min ‘amalin fii haadzihis sanati maa nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiihaa ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alaa ‘uquubatii, wa da‘autanii ilat taubati min ba‘di jaraa’atii ‘alaa ma‘shiyatik. Fa innii astaghfiruka, faghfirlii wa maa‘amiltu fiihaa mimmaa tardhaa, wa wa‘attanii ‘alaihits tsawaaba, fa’as’aluka an tataqabbala minnii wa laa taqtha‘ rajaa’ii minka yaa kariim

Arti bacaan doa akhir tahun:

“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Selanjutnya, bacalah doa awal Tahun Baru Islam, yang dapat dilakukan selepas shalat Mahgrib, pada Rabu (19/8/2020) sebagai awal bulan Muharam di kalender Hijriah.

Baca Juga :  Jadi Maling Spesialis Ponsel Kuli Bangunan, 2 Pria Ini Dibekuk Polisi

Berikut bacaan doa awal tahun:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwal. Wa ‘alaa fadhlikal ‘azhiimi wa kariimi juudikal mu‘awwal, wa haadza ‘aamun jadiidun qad aqbal, as’alukal ‘ishmata fiihi minassyaithaani wa auliyaa’ih, wal ‘auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’i, wal isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfa, yaa dzal jalali wal ikraam.

Arti bacaan doa awal tahun:

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Bacaan akhir dan awal Tahun Baru tersebut bisa dibaca sebanyak tiga kali setelah shalat Ashar dan Maghrib hari ini.

www.tribunnews.com