JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Jumlah Penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Mulai Mengalami Kenaikan

Suasana bandara dengan orang-orang yang hendak melakukan perjalanan. Foto: pixabay.com

 SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Semenjak memasuki masa adaptasi baru pandemik covid-19, jumlah penumpang pesawat di Kota Semarang telah mengalami kenaikan selama bulan Juli 2020.

Data yang dihimpun, jumlah penumpang pesawat terbang yang naik maupun turun ke Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, diklaim mulai bergerak naik.

PTS General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Agus Sina, dalam keterangan resmi yang diterima, menjelaskan, selama Juli 2020 kemarin terkerek naik hingga 109 persen atau sebanyak 53.155 orang dibanding situasi bulan Juni.

Tak cuma itu saja, pihaknya juga memantau trafik pesawat terbang yang berdatangan ke Kota Semarang mengalami lonjakan 81 persen atau setara dengan 834 pesawat.

Baca Juga :  Pedagang Terinfeksi Covid-19, Pasar Kayen dan Bulumanis Ditutup Sementara Hingga Hari Ini

“Sedangkan untuk pengiriman kargo dari bandara kita tumbuh 22 persen atau sebanyak 549.970 kilogram,” ujar Agus.

Dijelaskannya lebih detail, pada bulan sebelumnya atau Juni 2020, lonjakan pergerakan pesawat di bandaranya sudah tampak meningkat. Yaitu sekitar 266 persen atau sebanyak 461 unit.

Untuk jumlah penumpangnya dalam kurun waktu yang sama terdapat 25.390 orang atau naik 1.065 persen dengan pergerakan kargonya sekitar 450.556 kilogram.

Ia menyebutkan, saat memasuki Mei 2020 hanya terdapat 126 pergerakan pesawat, 2.179 pergerakan penumpang dan 146.517 kilogram kargo.

Ia juga mengatakan lonjakan munculnya penumpang pesawat lantaran di Bandara Ahmad Yani sudah tidak diberlakukan lagi pembatasan perjalanan orang.

Baca Juga :  Pria Usia 50 Tahun Kejang-kejang dan Muntah Darah di Halte Bus Trans Semarang, Meninggal Tak Lama Usai Dibawa ke Rumah Sakit

Ia mengklaim dengan situasi tersebut, maka kondisi penerbangan di bandaranya sudah berangsur membaik.

“Saya beserta jajaran mengapresiasi para stakeholder atas capaian dalam mengawal penyebaran covid-19. Termasuk mengawal perjalanan orang pada masa adaptasi kebiasaan baru,” terangnya.

Di sisi lain, untuk merayakan HUT RI Ke-75, pihaknya menggelar parade baris berbaris dari 18 orang perwakilan petugas bandara dan dilanjutkan dengan pertunjukan tari golek ayun-ayun di area ruang keberangkatan. Tak lupa juga ada upacara HUT RI Ke-75 di area bandara.

Agar menyemarakan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, pihaknya memasang dekorasi bernuansa merah putih di spot-spot bandara dan menggelar atraksi dari beberapa seniman Kota Semarang. Satria Utama