JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

2.500 Korban Luka dan Puluhan Tewas Akibat Ledakan Dahsyat di Beirut

Ilustrasi ledakan / tempo.co
ย ย ย 
Ilustrasi ledakan / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM -Sekitar 2.000 orang luka-luka akibat ledakan besar yang terjadi di Beirut, Lebanon, Rabu (5/8/2020). Menurut ย Menteri Kesehatanย Lebanon, Hamadย Hassan, ledakan dahsyat itu juga mengakibatkan puluhan korban jiwa.

“Kurang lebih 25 orang meninggal dan 2.500 orang terluka dalam ledakan di Beirut,” ujar Hassan, dikutip dari CNN, Rabu (5/82020.

Salah satu korban jiwa adalah Sekretaris Jenderal Partai Kataeb, Nazar Najarian. Saat ledakan terjadi, ia tengah berada di kantornya yang tak jauh dari lokasi ledakan, Pelabuhan Beirut, Lebanon.

Ledakan di Beirut, menurut saksi mata, memang sungguh massif. Dampaknya terasa hingga beberapa kilometer dari lokasi ledakan. Mereka yang mengamatiย  dari gedung bertingkat pun terpelanting ketika ledakan terjadi.

Istana Kepresidenan Lebanonย sampai ikut menjadi korban dari ledakan itu. Istana yang disebut Baabda itu mengalami kerusakan di sejumlah bagian. Kebanyakan di bagian pintu dan kaca jendela.

โ€œSaya melihat bola api dan asap mengepul di atas Beirut. Orang-orang berteriak dan berlari, berdarah. Balkon hancur. Kaca di gedung-gedung tinggi hancur dan jatuh ke jalan,โ€ kata seorang saksi mata, dikutip dariย Reuters.

Presiden Lebanon, Michel Aoun dikabarkan mengadakan pertemuan darurat Dewan Pertahanan Tertinggi Negara terkait ledakan di Beirut. Hingga berita ditulis, belum diketahui hal apa saja yang dibahas.

Dari video rekaman yang beredar, awalnya hanya terlihat kepulan asap yang membumbung tinggi dari sebuah bangunan bertingkat di Pelabuhan Beirut. Belakangan, muncul gelombang ledakan yang sangat besar. Bangunan bertingkat di mana asap berasal tak lagi terlihat saat ledakan terjadi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com