JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Airlangga Hartarto: Dinasti Politik Adalah Realitas Politik yang Dikehendaki Masyarakat

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ditemui sebelum mengelar rapat koordinasi tentang optimalisasi PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI). Dalam pertemuan itu pemerintah salah satunya membahas soal opsi menjadikan TPPI sebagai BUMN. Tempo/Dias Prasongko
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  -Anggapan bahwa partai politik memberikan ruang bagi tumbuh kembangnya politik kekerabatan dalam Pilkada 2020, menurut Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, adalah realitas politik yang dikehendaki oleh masyarakat.

“Saya rasa itu realitas politik yang dikehendaki masyarakat,” kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat (31/7/2020).

Menurut Airlangga, dinasti politik adalah sesuatu yang sah sepanjang dipilih oleh masyarakat. Dia juga menyebut demokrasi memungkinkan hal tersebut.

“Kalau sejauh masyarakat memilih, itu secara demokratis adalah sah,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Dinasti politik di Pilkada 2020 disorot lantaran banyak calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang maju merupakan kerabat dari petinggi politik. Anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), misalnya, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Afif Nasution, maju di Pilkada Solo dan Medan.

Baca Juga :  Muncul Rumor Perpecahan di Internal PDIP, Ini Bantahan Hasto

Golkar pun turut mengusung keduanya. Selain itu, Golkar juga punya banyak calon lain yang memiliki pertautan keluarga dengan para elite.

Di Tangerang Selatan misalnya, Golkar mengusung Pilar Saga Ichsan sebagai calon Wakil Wali Kota.

Pilar adalah keponakan dari Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diany dan anak dari Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Ratu Tatu juga akan kembali maju sebagai calon Bupati Serang di Pilkada mendatang.

Nama-nama calon lain dari Golkar yang memiliki kerabat elite di antaranya bakal calon Wali Kota Makassar Irman Yasin Limpo (adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo), bakal calon Bupati Bintan Robby Kurniawan (anak mantan Bupati Bintan dua periode Ansar Ahmad yang kini maju calon Gubernur Kepulauan Riau), dan lainnya.

Baca Juga :  Sudah 3 Kali Dapat Peringatan Keras, Giliran Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dilaporkan Atas Tindakan Asusila

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan persoalan dinasti politik memang tak bisa dilimpahkan kepada partai politik. Burhanuddin mengakui masyarakat pun masih permisif terhadap politik kekerabatan.

Namun, kata dia, reformasi politik mestinya dimulai dari tataran elite. Menurut Burhan, partai semestinya juga menyuguhkan para kandidat berdasarkan kompetensi, bukan semata popularitas.

“Lebih mudah reformasi di tingkat elite daripada di tingkat massa. Fungsi partai kan edukasi masyarakat,” ujar Burhanuddin dalam diskusi Ngobrol @Tempo, Kamis (30/7/2020) petang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com