JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Beli Toyota Fortuner dari Jakarta, Warga Banyumas Malah Tekor Rp 323 Juta. Kok Bisa, Begini Ceritanya!

Foto/Humas Polda

WhatsApp Image 2020 08 24 at 08.59.06 750x536 1
Foto/Humas Polda

BANYUMAS, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satuan Reserse Kriminal Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana penipuan atau penggelapan.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka melalui Kasat Reskrim AKP Berry mengatakan Senin (24/08/2020) pihaknya mengamankan KRS (35) di terminal Kabupaten Purbalingga dimana pelaku sebagai perantara pembelian mobil.

Setelah menerima uang transferan untuk pembayaran mobil dari korban sebesar Rp 323.000.000,00 (tiga ratus dua puluh tiga juta rupiah) uangnya digunakan untuk kepentingan pribadi.

Kejadian bermula saat korban meminta tolong kepada pelaku untuk mencarikan dagangan mobil Toyota Fortuner VRZ karena ada pesanan dari pembeli, Sabtu (8/8/2020). Keesokan harinya, pelaku mencari mobil sesuai pesanan di wilayah Jakarta.

Kemudian menyampaikan via telpon telah mendapatkan mobil tersebut dan dilakukan pengecekan body maupun mesin mobil oleh pelaku lalu pelaku menyampaikan kondisi mobil bagus atau sesuai.

Baca Juga :  Kecelakaan Maut 2 Tronton Keramik Serudukan di Tol Pemalang-Batang, Satu Sopir Tewas Tergencet

Korban mentransfer uang untuk pembayaran uang muka yang kemudian diserahkan kepada penjual mobil.

Keesokan harinya, korban kembali transfer uang untuk pelunasan pembayaran mobil tersebut kepada pelaku. Setelah itu pelaku menyampaikan bahwa uang tersebut akan dibayarkan langsung serta mobil akan dibawa menuju Purwokerto pada Rabu (12/8/2020).

“Namun saat hari yang dijanjikan pelaku untuk membawa mobil menuju Purwokerto, pelaku sempat menyampaikan ketiduran di rest area tol Brexit dan akan segera sampai Purwokerto, akan tetapi setelah itu nomer ponsel pelaku tidak lagi bisa dihubungi”, ucap Kasat Reskrim dilansir Tribratanews.

Karena merasa curiga dengan pelaku KRS, korban mencari informasi tentang mobil tersebut dan berhasil komunikasi dengan penjual mobil, dari penjual mobil menyampaikan bahwa mobil belum dibayar dan baru menerima uang muka sebesar Rp 1.000.000., (satu juta rupiah).

Baca Juga :  Pemprov Jateng Rilis Kalender Event 2021, Agenda Kegiatan akan Digelar secara Hybrid. Gubernur Ganjar: Itu Solusi Terbaik

AKP Berry menambahkan, saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolresta Banyumas guna penyidikan lebih lanjut beserta barang bukti berupa slip pemindahan dana antar rekening BCA tertanggal 11 Agustus 2020 sebesar Rp 250.000.000.- perihal pelunasan Toyota Fortuner.

Kemudian satu bendel cetak rekening koran nomor rekening BCA atas nama Yuliani, satu buah handphone merk Samsung type A10s warna hitam, serta uang tunai sebesar Rp 6.500.000,00 (enam juta lima ratus ribu rupiah).

“Pelaku KRS dikenakan pasal 378 KUHP atau Pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan atau penggelapan dengan ancaman pidana penjara maksimal empat tahun”, tutupnya. Edward