JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Berkhasiat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini Cara Mudah Mengolah Daun Kelor untuk Dikonsumsi di Masa Pandemi Corona

Ilustrasi daun kelor. Foto: pixabay.com

JOGLOSEMARNEWS.COM Imunitas atau daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu kunci untuk mencegah penularan virus corona di masa pandemi ini. Salah satu cara menjaga ketahanan tubuh yakni dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Selain konsumsi makanan sehat, sejumlah tanaman herbal juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat itu adalah daun kelor.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, daun kelor mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi, yakni potasium, kalsium, vitamin C, vitamin A, protein dan zat besi.

Kandungan potasium dalam daun kelor tiga kali lipat daripada pisang. Kalsium dalam daun kelor empat kali lipat daripada susu, vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk, vitamin A empat kali lebih banyak daripada wortel, dan protein dua kali lebih banyak daripada susu.

Baca Juga :  Hasil Penelitian di Inggris Klaim Temukan Titik Kelemahan Virus SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19

Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor agar bisa mendapatkan manfaatnya? Yang paling mudah adalah membuatnya menjadi ramuan untuk diminum.

Cara buatnya sangat mudah. Cukup rebus dengan air sampai mendidih, dinginkan dan saring. Kemenkes menyarankan untuk membuat ramuan daun kelor menggunakan 2 genggam daun kelor yang direbus dengan 2 cangkir air.

Bagi orang dewasa dianjurkan minum dua kali sehari satu cangkir dan untuk anak-anak 2 kali sehari setengah cangkir. Daun kelor baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhannya.

Mengonsumsi daun kelor terbukti bermanfaat antara lain mengobati penyakit jantung, mencegah kanker, sebagai anti-diabetes, meningkatkan kesehatan pencernaan, sebagai sumber energi alami, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan produksi ASI, mengatasi berbagai penyakit dalam, bahkan mengatasi kolesterol jahat. Selain itu, mengonsumsi daun kelor tidak memiliki efek samping.

Baca Juga :  Disebut Tinggi Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Telur Puyuh, Mulai Cegah Penyakit Kronis hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

Akan tetapi, walaupun bisa meningkatkan imunitas tubuh yang baik untuk mencegah penularan virus corona, daun kelor bukanlah obat untuk Covid-19.

Karenanya masyarakat diimbau untuk tetap berupaya meningkatkan imunitas tubuh dengan makan-makanan bergizi, olahraga teratur, berjemur, dan istirahat yang cukup.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, upaya-upaya tersebut tidak bisa menyembuhkan, tapi bisa meningkatkan imunitas sehingga kita jadi lebih sehat.

“Selain itu, dengan menjalankan protokol kesehatan yaitu rajin cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker, virusnya bisa cepat hilang dan pandemi bisa cepat selesai,” ungkap Wiku beberapa waktu lalu.

www.tempo.co