JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Besok, Pelepasan Ratusan Tukik di Pantai ini. Penasaran?

JOGJA- Kelompok Sadar Wisata Pantai Goa Cemara kembali akan menggelar kegiatan pelepasan tukik (anak penyu), besok sore, Minggu (16/08/2020) mulai pukul 15.30WIB di sepanjang Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta.

Kegiatan yang sudah berjalan sejak tahun 2010 bertepatan dengan berdirinya kelompok Konservasi Penyu Mino Raharjo ini tak lepas dari kesadaran warga dan sejumlah kalangan yang peduli terhadap habitat penyu yang semakin sedikit dan harus dilestarikan.

Saat ini menurut Yatiman, Penggiat Konservasi Penyu Mino Raharjo, Pantai Goa Cemara, Patihan, Gadingsari, Sanden Bantul  ada 4 titik lokasi konservasi penyu, salah satunya adalah  pantai Goa Cemara. Jumlah pada musim ini ada 66 sarang  dan kurang lebih kalau menetas ada sekitar 6000 tukik.

“Nah, berhubung sekarang lagi musimnya penyu bertelur,mau gak mau kalau telur penyu metetas harus dilepas di laut. Melalui kegiatan lepas tukik ini, kami ingin mengedukasi  masyarakat bahwa penyu itu termasuk hewan yang dilindungi. Maka dari itu kita wajib menjaga kelestariannya. Ratusan tukik rencananya yang akan dilepas,”terangnya.

Adapun musim ini, terkait dengan Momentum Kemerdekaan RI, pelepasan tukik tersebut dikemas secara unik lewat tajuk Release Tukik, Musim Migrasi Penyu 2020 Periode Merdeka. Kegiatan ini sebelumnya sudah digelar pada Minggu (02/08/2020), serta puncaknya pada 16 dan 17 Agustus 2020 mulai sore hari pukul 15.30WIB.

“Antusias warga untuk giat pelestarian penyu terlihat sangat mendukung, termasuk di tengah pandemi Corona ini kami mengadakan event tersebut, mereka juga tertarik ikut serta. Hanya kami tegaskan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Peserta release tukik harus, jaga jarak dan pakai masker”, pungkasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (15/08/2020). Kiki Dian