JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Bupati Purworejo Nikmati Eksotisme Trip Wisata Cafe on The Bus Menuju Yogyakarta International Air Port, Bagaimana Kesannya?

Bupati Purworejo Agus Bastian menyempatkan untuk mencoba layanan trip wisata Cafe on The Bus, pada Jumat sore (14/8/2020), dengan rute Purworejo menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo. Istimewa

PURWOREJO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Layanan trip wisata Cafe on The Bus makin menjadi primadona. Bahkan, Bupati Purworejo Agus Bastian menyempatkan untuk mencoba layanan trip wisata Cafe on The Bus, pada Jumat sore (14/8/2020), dengan rute Purworejo menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo.

Bus berkapasitas 28 seat dengan tiap empat seat terdapat satu meja yang ditata layaknya sebuah kafe ini, merupakan hasil kerjasama Perusahaan Dagang Aneka Usaha (PDAU), Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Dinparbud) serta UMKM Purworejo.
Namun, di masa pandemi Covid-19 ini hanya diisi 20 orang demi kenyamanan. Sejumlah protokol juga diterapkan kepada setiap penumpang seperti pengukuran suhu tubuh dan pemakaian masker.

Perjalanan dimulai dari Showroom UMKM Purworejo di Jalan Urip Sumoharjo pada pukul 17.15 WIB. Bupati dan Forkopimda langsung disuguhi aneka makanan ringan (snack) asli UMKM Purworejo, dan minuman yang dapat dipesan.

Rute yang ditempuh menuju bandara yakni melewati jalan kawasan Pantai Congot dengan suguhan pemandangan terowongan underpass serta jalan melingkar menuju area bandara, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Sepanjang perjalanan, terdapat pemandu wisata yang menemani sembari bercerita tentang potensi Purworejo.

Baca Juga :  Ganjar Dorong UMKM Beralih ke Pemasaran Online

Pukul 18.00 WIB bus berhenti di area parkir bandara untuk memberi kesempatan, kepada penumpang menunaikan salat maghrib dan berfoto dengan latar belakang berbagai fasilitas yang ada di bandara. Pada pukul 19.30 WIB rombongan telah tiba kembali di Purworejo.

Dengan biaya sebesar Rp70.000 per orang, para peserta trip akan merasakan sensasi naik bus dengan nuansa kafe menuju salah satu destinasi wisata modern yakni bandara YIA. Biaya tersebut sudah termasuk snack, minuman, perjalanan wisata Purworejo-YIA pulang pergi dan makan.

Berbagai minuman mulai dari minuman ringan hingga kopi juga disediakan oleh pengelola. Kopinya pun adanyang jenis lokal maupun espresso yang rasanya relatif lebih keras.

Linda selaku pengelola menjelaskan, inovasi trip Cafe on The Bus dilakukan untuk memfasilitasi generasi milenial dan keluarga muda yang haus akan eksistensi di media sosial.

“Yang kami tawarkan sensasi kafe di dalam bis sembari menikmati wisata di sekitar Purworejo. Sementara ini, kami baru menyediakan dua trip, yakni ke Pantai Jatimalang dan YIA. Kalau trip ke Purworejo-Jatimalang hanya Rp.50.000,” terang Linda.

Baca Juga :  Gadis Belia Berusia 15 Tahun Dijambret Dua Penjahat Muda

Dia berharap dengan adanya Cafe on The Bus ini dapat ikut memajukan pariwisata di Purworejo. Dengan berkolaborasi bersama UMKM, pihaknya dapat ikut mempromosikan produk UMKM Purworejo. Linda menambahkan, Cafe on The Bus melayani perjalanan setiap hari pada pukul 08.00, 11.00 dan 17.00 WIB.

Bupati Agus Bastian di sela perjalanan mengatakan, hadirnya inovasi Cafe on The Bus ini diharapkan dapat membantu mempromosikan wisata yang ada di Purworejo. Selain ke YIA, ke depan berbagai tempat wisata juga akan dijangkau oleh unit bus wisata ini.

Ia mengungkapkan, meskipun ada beberapa tempat wisata yang akses jalannya sulit dan tentunya memerlukan unit bus yang lebih kecil, namun para wisatawan yang datang ke Purworejo akan sangat terbantu dengan adanya pilihan paket trip wisata Cafe on The Bus ini.

“Inovasi Cafe on The Bus merupakan ide yang cukup brilian. Semoga inovasi yang telah dilakukan Dinparbud Kabupaten Purworejo ini membuahkan hasil, yaitu berkembangnya pariwisata di Kabupaten Purworejo,” tandasnya. Satria Utama