JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Penggerak Kasus Penyerangan di Mertodranan Pasar Kliwon Solo Ditangkap di Pacitan, Langsung Ditetapkan Sebagai Tersangka

Polisi berhasil menangkap lagi 2 pelaku penyerangan di Pasar Kliwon Solo. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Polisi menangkap satu pelaku yang berperan sebagai penggerak dan penghasut dalam kasus penyerangan dan penganiayaan dalam acara midodareni di rumah Habib Umar Assegaf di Kampung Mertodranan Rt 1/1 Kel/Kec Pasar Kliwon, Solo. Pelaku berinisial S warga Solo itu ditangkap di Pacitan, Jawa Timur, Minggu (16/08/20).

“Langsung ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Polresta. Jadi yang bersangkutan merupakan penggerak dari salah satu kelompok massa yang saat itu turun ke TKP dan melakukan kekerasan,” kata Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak setelah apel di halaman Stadion Manahan, Selasa (18/08/20).

Ade memaparkan, tersangka S bakal dijerat dengan Pasal 160 KHUP tentang penghasutan yang berujung pada kekerasan, dan atau Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan dan Pasal 335 KUHP tentang ancaman dengan kekerasan. Ancaman hukuman adalah sembilan tahun penjara.

Baca Juga :  Calon Walikota Solo Gibran Rakabuming Sambut Antusias Piala Dunia U-20 di Solo, Bertekad Promosikan Sport Tourism

“Sesuai janji kami akan proses semua pelaku yang terlibat dalam aksi kekerasan yang terjadi. Aksi-aksi serupa tidak boleh terjadi lagi ke depan. Jadi kita akan tegakan hukum dan memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat,” paparnya.

Hingga saat ini, kepolisian sudah mengamankan 10 orang. Enam orang di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka, sedangkan empat orang masih didalami keterlibatannya.

“Kami tidak menyebut angka (jumlah yang terlibat). Siapa saja yang terlibat, silahkan menyerahkan diri ke polisi untuk mempertanggung jawabkan perbuatan,” tegas dia.

Baca Juga :  Rekontruksi Penyerangan Mertodranan Solo, Tersangka Jalani 77 Adegan, Ternyata Provokasi Berawal dari Grup WA

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi kekerasan dan penyerangan pecah di Kampung Mertodranan Rt 1/1 Kel/Kec Pasar Kliwon, Solo, Sabtu (08/08/20) petang menjelang maghrib. Sejumlah orang dikabarkan terluka setelah sebuah rumah di Pasar Kliwon tersebut digeruduk segerombolan orang.

Informasi yang dihimpun, kejadian itu bermula saat keluarga almarhum Assegaf bin Jufri menggelar acara midodareni atau tradisi doa bersma sebelum pernikahan. Namun mendadak, muncul puluhan orang yang mendatangi lokasi tersebut.

Rekaman video kejadian itupun tersebar dan terlihat puluhan orang itu berteriak takbir saat mendatangi lokasi acara. Aparat kepolisian pun langsung turun tangan dan tiba di lokasi. Prabowo