JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Buruan, Pendaftaran IUMK Untuk Syarat BPUM di Sragen Bakal Ditutup Senin Besok. Permohonan Membeludak, DPMPTSP Sarankan Pemohon Daftar Via Online di OSS, Begini Caranya!

Antrian warga pelaku UMKM yang ingin mengurus IUMK di depan kantor DPMPTSP Sragen. Foto/Wardoyo
   
Antrian warga pelaku UMKM yang ingin mengurus IUMK di depan kantor DPMPTSP Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sragen menyarankan masyarakat pelaku UKM yang hendak mengurus surat izin usaha mikro kecil (IUMK) bisa memanfaatkan layanan online yang sudah disediakan.

Selain menghindari antrian dan kerumunan, produk IUMK dari pendaftaran via online juga sama dengan yang diurus langsung ke kantor DPMPTSP.

“Apalagi, hari-hari terakhir ini permohonan IUMK yang datang ke kantor sangat tinggi nencapai ratusan setiap hari. Sehingga kami terpaksa batasi maksimal antrian hanya 100 hari mengingat situasi pandemi saat ini,” papar Kepala DPMPTSP Sragen, Tugiyono kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (28/8/2020).

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Ia mengatakan sejak bergulirnya program bantuan BPUM untuk UMKM, lonjakan permohonan IUMK ke kantornya melonjak tajam. Bahkan nomor antrian sudah sampai hari Senin (31/8/2020) dan mencapai lebih dari 150.

Tugiyono menyampaikan lonjakan dikarenakan informasi yang diterimanya dari Dinas Koperasi UMKM, pendaftaran BPUM tahap kedua akan ditutup Senin (31/8/2020).

“Untuk memaksimalkan layanan dan mengakomodir semua permintaan, tadi kami sudah saya buat edaran ke kecamatan. Biar warga di kecamatan bisa mengurus di kecamatan sehingga semua bisa terlayani,” terangnya.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Ia menambahkan meski permohonan membeludak, pihaknya tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan. Bahkan untuk mengakomodir warga, sampai disiapkan tenda agar warga pemohon bisa mengantri dengan nyaman.

“Sampai saat ini sudah sekitar 1000 UMKM yang telah kami layani. Untuk pendaftaran IUMK lewat online tinggal mengakses ke link oss.go.id. Di situ tinggal mengisi form saja nanti produk IUMKnya juga sama dengan ketika mengurus langsung ke kantor sini,” tukasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com