JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ganasnya Bara Api Hanguskan Gedung di Pabrik Pengolahan Kayu Sengon

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan bara api di gedung milik PT KSI di kawasan Harjosari, Bawen, Kabupaten Semarang, pada Jumat (31/7/2020), kemarin. Foto : Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

UNGARAN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ganasnya bara api menghanguskan sebuah gedung milik PT KSI di kawasan Harjosari, Bawen, Kabupaten Semarang. Penyebab kebakaran yang melanda pabrik pengolahan kayu sengon itu belum bisa diketahui secara pasti.

Diduga, penyebab kebakaran berawal dari percikan api sisa yang terdapat di ruang boiler di PT KSI. Hal lain yang menguatkan dugaan tersebut lantaran di ruangan itu mudah terbakar.

Data yang dihimpun di lapangan menyebutkan, tidak ada korban jiwa ataupun luka bakar akibat kejadian ini. Peristiwa kebakaran terjadi pada Jumat (31/7/2020) sekitar pukul 00.20 WIB. Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan bara api sempat membesar pada pukul 02.00 WIB atau sekitar 90 menit setelah kejadian. Kerugian akibat kebakaran pastinya masih dalam penyelidikan dan dihitung pihak perusahaan.

Baca Juga :  15 Ribu Warga Kurang Mampu di Jateng Dapat Sambungan Listrik Gratis, Bangkitkan Sektor Perekonomian Masyarakat

Menurut Kepala Bidang Damkar dan Linmas Satpol PP Kabupaten Semarang H Ari Muji Widodo, berdasarkan keterangan yang dihimpun, kebakaran terjadi di ruang oven pengeringan kayu. Ganasnya bara api yang sempat membesar menghanguskan bangunan yang ada di ruangan tersebut.

“Petugas kami langsung meluncur ke lokasi kejadian setelah menerima laporan kejadian kebakaran. Kejadian dilaporkan oleh security PT KSI atas nama Miftahul Huda. Saat tiba di lokasi, api saat itu sudah membesar. Petugas pemadam gabungan dari beberapa pos kita kerahkan untuk melakukan pemadaman,” terang dia, kemarin.

Baca Juga :  Dongkrak Perekonomian di Pelosok Kampung, Ganjar Alokasikan Anggaran Rp 2,23 Triliun Stimulus Keuangan Padat Karya

Diungkapkan Aris lebih detail, penyebab kebakaran diduga akibat percikan api sisa dari ruang boiler yang belum sepenuhnya padam. Ia menyebutkan, di dalam ruangan tersebut suhu udara ruangan panas dan banyak bahan mudah terbakar, bara api kembali menyala dan membakar mesin oven.

“Sekitar pukul 02.00 api berhasil dipadamkan. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, kerugian pastinya belum diketahui,” imbuh dia.

“Petugas Damkar gabungan yang dilibatkan dalam pemadaman, dari Damkar Pos Ungaran, Pos Ambarawa, Pos Bringin, Pos BPBD Kabupaten Semarang, dan SAR Kabupaten Semarang,” pungkas Aris. P Yoga | Satria Utama