JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ini Dia Mobil Inafis Tercanggih di Jajaran Kepolisian. Punya Alat Yang Bisa Lacak Jejak Pelaku Kejahatan di TKP!

Mobil Inafis Canggih. Foto/Humas Polda
Mobil Inafis Canggih. Foto/Humas Polda

BLORA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Blora, Polda Jateng punya peralatan baru untuk lebih mengfektifkan pelaksanaan tugas indentifikasi perkara kriminal.

Sarana tersebut berupa mobil operasional INAFIS (Indonesia Automatic Finger Print Identification System).

Mobil hibah dari Pusat Inafis Bareskrim Polri itu punya spesifikasi penggerak empat roda/four wheel drive (4WD) alias double gardan.

Dengan spesifiikasi itu, mobil tersebut dapat menjelajah medan jalan yang berat, seperti jalan tanah menanjak dan berlumpur.

Tentunya sangat cocok dengan medan jalanan di wilayah Kabupaten Blora.

Kepala Urusan Inafis Sat Reskrim Polres Blora IPDA Junaidi mengungkapkan Mobil tersebut dilengkapi peralatan sejumlah peralatan canggih seperti IPS (Identifikasi Portabel Sistem), MAMBIS (Mobile Automatic Biomatric Identification Sistem) dan peralatan pendukung olah TKP lainnya.

Baca Juga :  I’am Pelgading, Wisata Alam Nan Menakjubkan

“Peralatan di mobil ini dapat mengidentifikasi jejak-jejak pelaku tindak pidana/kriminal yang ada di TKP. Dengan metode SCI (Scientifik Crime Infestigation) atau pembuktian tindak pidana secara ilmiah, akan memudahkan petugas dalam proses penyelidikan,” ujar Ipda Junaidi.

Dilanjutkan, acara sederhana penyerahan mobil Inafis dari Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan kepada Kasat Reskrim AKP Setiyanto, ditandai dengan penyerahan secara simbolis replika kunci mobil dan pemecahan kendi.

“Penyerahan dengan filosofi pecah kendi yang berisi air dan bunga tersebut dengan tujuan agar kasus tindak pidana yang ada di wilayah hukum Polres Blora bisa dipecahkan. Serta bunga memiliki simbol dapat mengharumkan citra nama Polres Blora di masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga :  Niatnya Pamer Jumping, Anggota Klub Motor KLX Malah Bikin Celaka. Sebabkan Kecelakaan, Puluhan Motor Anggota Komunitas Langsung Digaruk Polisi

Mobil INAFIS yang memiliki peran canggih tersebut akan disiagakan 24 jam. Harapannya, dengan tambahan peralatan baru tersebut dapat lebih mengefektikan tugas-tugas Satreskrim, khususnya bagian INAFIS di wilayah hukum Polres Blora.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pus Inafis Bareskrim Polri atas perhatian dan dukungan dengan adanya mobil olah TKP ini. Mudah-mudahan bisa lebih mengefektikan tugas-tugas Satreskrim Polres Blora semakin promoter dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya. Edward