JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Keren Lur, Belasan Warga Desa Songbledeg Kecamatan Paranggupito Wonogiri Dilatih Menjahit

Pelatihan menjahit di Desa Songbledeg Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Foto. Sulistyani
Pelatihan menjahit di Desa Songbledeg Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Foto. Sulistiyani

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Pemerintah Desa Songbledeg, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri berinovasi dalam pemanfaatan Dana Desa Tahun Anggaran 2020. Hal ini ditempuh dengan menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan menjahit.

Camat Paranggupito Sulistiyani menyebutkan, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Desa Songbledeg yang melakukan terobosan untuk mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang dipilih berupa pelatihan menjahit, mengingat potensi SDM warga Songbledeg cukup besar dalam bidang tata busana.

Baca Juga :  Kapolres Wonogiri AKBP Christan Tobing Tegaskan Tak Benar Kabar Salah Satu Paslon Datang Diiringi Ribuan Massa ke Kantor KPU, Dipastikan Pula Tak Ada Konvoi

“Ada sekitar 15 perempuan yang dilatih menjahit,” kata dia, Selasa (11/8/2020).

Kegiatan dilaksanakan sejak 3 Agustus kemarin. Rencananya pelatihan digelar selama dua pekan.

“Biaya pelatihan serta pengadaan 15 mesin jahit dari dana desa,” ungkap dia.

Selama 14 hari para ibu tersebut mendapatkan materi pelatihan, mulai dari materi dasar sampai dengan praktek langsung untuk pembuatan produk. Salah satunya masker yang saat ini menjadi kebutuhan wajib warga.

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

Menurut dia, penggunaan Dana Desa tidak hanya dikonsentrasikan untuk pembangunan fisik. Pemerintah desa diharapkan dapat melakukan inovasi dengan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong perkembangan perekonomian. Terlebih ketika pandemi COVID-19 masih berlangsung seperti sekarang ini. Aria