JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Kisan Pilu Pasutri Miskin Tak Kuat Bayar Ambulans, Akhirnya Terpaksa Bawa Pulang Mayat Bayi Mereka Pakai Motor

Ilustrasi
Ilustrasi

BATAM, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ketidakmampuan untuk menyewa mobil ambulans membuat orang tua di Batam, Kepri nekat membawa jenazah bayinya yang berusia 3 hari pulang dengan menggunakan sepeda motor.

Bayi yang meninggal itu warga Kota Batam. Kejadian itu Selasa (28/7/2020) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB lalu.

Bayi yang baru berusia tiga hari itu dibawa dari Rumah Sakit Umum Santa Elizabeth (RSE) Batam Centre, Batam menuju ke rumah duka di kawasan Kelurahan Punggur, Kecamatan Nongsa, Batam.

Proses kepulangan jenazah tanpa menggunakan mobil ambulans ini, karena pihak keluarga tidak memiliki biaya untuk memakai mobil jenazah dari rumah sakit.

Mobil jenazah yang diupayakan pihak keluarga dari selain rumah sakit ini juga tidak bisa melayani karena saat itu sudah larut malam.

Salah satu warga yang membantu proses pemulangan itu, Tomas Y Lature bersaksi pihak rumah sakit tidak menyediakan ambulans untuk antar jenazah bayi itu.

Baca Juga :  Beredar Rekaman Video Call Tanpa Busana Diduga Oknum Anggota DPRD dengan Seorang Wanita. Ada 2 Video, Lokasi di Sebuah Ruangan

“Saat itu pihak rumah sakit malah membicarakan soal biaya, butuh biaya sekitar Rp 350.000 untuk mengantar jenazah menggunakan ambulans,” kata Thomas saat dihubungi pada Senin (3/8/2020).

Selain itu keluarga si bayi bisa melunasi biaya rumah sakit. Sementara tanggungan BPJS untuk pengobatan bayi ini masih dalam proses dan belum bisa diselesaikan malam itu juga.

Untuk mengupayakan kepulangan jenazah anak ini, pihak keluarga juga meninggalkan STNK kendaraan dan NPWP sebagai jaminan.

Orangtua anak ini sendiri, memang merupakan keluarga miskin yang kondisinya semakin tertekan di tengah pandemi covid-19 ini.

Sebelum dirawat di rumah sakit, bayi perempuan ini lahir di salah satu klinik di Kelurahan Punggur pada 24 Juli 2020 lalu. Ketika itu ada indikasi bayi lahir prematur dan dirujuk ke RSE Batam Centre.

Setelah menjalani perawatan hingga 27 Juli 2020, bayi tersebut akhirnya meninggal sekitar pukul 24.00 WIB. Proses kepulangan jenazah ini sempat tertahan beberapa jam, hingga akhirnya pihak keluarga memutuskan membawa jenazah menggunakan sepeda motor.

Baca Juga :  Terbongkar Surat Bebas Covid-19 Ternyata Hasil Rekayasa dari RSUD. Ketahuan dari Tenaga Administrasi Positif dan Nekat Kabur, Satpam dan Perawat Langsung Dipecat!

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menjelaskan pihaknya sudah meminta penjelasan terkait persoalan ini.

Informasi yang didapat dari Direktur dr. Sahabat H. Siahaan, kata Didi, diketahui kalau pihak keluarga tidak meminta mobil jenazah rumah sakit yang akan mengantar ke rumah duka. Mereka justru mengupayakan mobil jenazah dari yang lain.

Pihak keluarga juga tidak memberitahukan atau mengkomunikasikan kepada rumah sakit bahwa mobil jenazah dari pihak ketiga tidak bisa dipakai.

“Kalau diinformasikan, pihak rumah sakit elisabeth pasti mengantar walaupun tidak ada biaya dari keluarga karena memang itu sudah standar yang dilakukan,” kata Didi.

Perihal layanan mobil jenazah ini, Dinkes Kota Batam, kata Didi, juga menyediakan ambulans yang bisa mengantarkan jenazah untuk keluarga yang memang membutuhkan secara gratis.

www.teras.id