JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

KKN Unisri Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Pendampingan Usaha Rumahan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan sosialisasi pencegahan pandemi Covid-19 dilaksanakan peserta KKN Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakata.

Misalnya, di desa Sepat, Sragen, dilaksanakan pendampingan budidaya jamur tiram oleh Aldi Saputra.

“Pendampingan kami lakukan mulai dari pembuatan tempat jamur tiram, membantu perawatan dan pemanenan, pengepakan sampai pemasaran secara online,” ucapnya.

Sedangkan di desa Pojok, Nogosari, Boyolali, Ade Ira Fenni Tamaya, mengembangkan inovasi produk singkong yang semula hanya diolah menjadi gaplek menjadi KEPO (Keripik Pohung)

“Saya bangga berada di desa ini. Warga antusias, mengikuti pendampingan pembuatan Kepo dalam berbagai rasa, agar meningkatkan nilai jual, ” paparnya.

Di tempat lain, KKN Grup 08, Pebri Setiawan (Bimbingan Konseling), Virda Laily Rahmawati (Pendidikan Bahasa Inggris), Yosifya Nike Sarwoko (Pendidikan Bahasa Inggris), Indah Nur Syaraswati (Pendidikan Bahasa Inggris) dan Nathasa Karinnina (Ilmu Hukum) melakukan KKN di Kelurahan Manyarejo, Plupuh, Sragen.

Baca Juga :  Beberapa SMKN di Yogyakarta Mulai Pembelajaran Tatp Muka Terbatas

Aktivitas yang dilakukan di antaranya sosisalisasi Covid-19 dan protokol kesehatan secara door to door, pembuatan wadah cuci tangan untuk dibagikan ke tempat umum dan bhakti sosial untuk membantu warga yang kekurangan secara finansial di desa Jatirogo dan Mundungrejo.

Di lokasi terpisah, Bela Yulia Pradita dengan DPL, Ulupi Sitoresmi, SS, M.Hum mengenalkan teknik Marketing Online kepada para ibu rumah tangga di lingkungan RT 03/04 Desa Giren, Kartosuro yang memiliki usaha membuat produk keripik pepaya.

“Kegiatan diawali dengan pengenalan sampai penggunaan market place diaplikasi facebook untuk menawarkan dan menjual produk keripik pepaya. Diharapkan pemanfaatan media sosial ini bisa meningkatkan produktivitas ibu rumah tangga dalam mengembangkan usahanya,” paparnya.

Baca Juga :  Catat Tanggalnya, Simak Ketentuannya, Kemendikbud Buka Program Beasiswa Unggulan 2020

KKN grup 6 yang terdiri dari Azizah Rahmawati dari prodi Akuntansi, Cahyo Eko Prasetyo, Christovani Kusuma Nugraheni, Lina Zakiya, Luckystan Ningrum Saputri, Sri Asih dan Hanung Susilo Pramono dari prodi manajemen, dengan DPL, Djoko Kristianto, SE, MSi, mengadakan sosialisasi pentingnya new normal dan membuat setup roti tawar beserta cara pemasaranya bagi ibu rumah tangga di desa Cangakan, Bendo, Sukodono, Sragen.

“Setup roti tawar maupun roti tawar itu sendiri memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan menambah energi pada saat beraktivitas, sangat baik bagi kesehatan tulang, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, dan manfaat yang lainnya, ” ungkap Azizah Rahmawati, sebagaimana dikutip dalam rilis je Joglosemarnews. suhamdani