JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Meledak Lagi, Tambah 8 Positif, Kasus Covid-19 Sragen Meroket Jadi 208 Hari Ini. Enam Orang Adalah Tenaga Medis, Satu Orang Pulang dari Kalimantan

Situasi covid-19 Sragen Jumat (28/8/2020). Foto/Wardoyo
Situasi covid-19 Sragen Jumat (28/8/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus corona virus atau covid-19 di Kabupaten Sragen semakin meroket. Hari ini, Jumat (28/8/2020) sebanyak delapan warga kembali dinyatakan positif terpapar covid-19.

Ironisnya enam dari delapan pasien itu diketahui berasal dari kalangan tenaga medis atau tenaga kesehatan (nakes). Sedangkan dua sisanya adalah pasien hasil tracing dan memiliki riwayat perjalanan luar kota.

Berdasarkan data yang dilansit tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sragen pada Jumat (28/8/2020) petang mencatat ada jumlah kasus positif covid-19 mengalami kenaikan sebanyak delapan kasus pada hari ini.

Delapan kasus itu tersebar di beberapa kecamatan di antaranya Sumberlawang, Karangmalang, Kedawung, Masaran dan Sragen.

Mereka di antaranya pria berinisial P (66) asal Kecamatan Sambungmacan. P merupakan hasil tracing kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif P (55).

Baca Juga :  Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Kini Melampaui Angka 600, Pasien Meninggal Bertambah Satu Orang

Kemudian pasien pria asal Gemolong berinisial ZA (46) yang terkonfirmasi positif setelah pulang dari Kalimantan.

Sedangkan enam pasien lainnya merupakan tenaga medis di salah satu rumah sakit negeri di Sragen.

“Ada delapan tambahan kasus positif hari ini. Hasil swab keluar dan menunjukkan tanda positif. Mayoritas hasil tracing dan memang ada enam tenaga kesehatan yang hari ini positif,” papar Sekretaris Gugus Tugas Covid-19, Tatag Prabawanto, Jumat (28/8/2020) petang.

Enam nakes itu berasal dari Karangmalang, Sragen, Masaran dan Kedawung. Ia memastikan kondisi kedelapan pasien dalam keadaan baik secara fisik dan tidak ada gejala klinis.

Dengan tambahan delapan kasus positif, maka hingga hari ini total ada 208 kasus positif. Rinciannya 63 dirawat dengan 44 asimptomatik dan 19 simptomatik.

Baca Juga :  Ponpes Ustadz Habib MA di Tangkil Sragen Masih Ditutup, 10 Santri dan Anaknya Isolasi Mandiri. Total 121 Orang Terlacak Kontak Erat dan Jalani Swab

Kemudian ada 128 pasien dinyatakan sembuh dan 17 meninggal dunia. Sementara dari kategori suspek hari ini tercatat sebanyak 211 orang dengan rincian 15 dirawat, 159 sembuh dan 33 meninggal dunia.

Di sisi lain, hingga hari ini total sudah ada 53 orang yang meninggal terkait covid-19 di Bumi Sukowati. Rinciannya, 17 pasien positif, satu pasien positif dan sembuh asal Sribit Sidoharjo, 33 suspek, satu ODP dan satu PP.

Atas situasi itu, Tatag mengimbau
warga jangan panik dan tetap waspada. Ia menambahkan yang terpenting saat ini adalah menaati protokol kesehatan dengan melakukan PHBS, rajin cuci tangan, menggunakan masker dan menerapkan physical distancing. Wardoyo