JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pengusaha Muda Sragen, Giana Saputra Dikukuhkan Pimpin DPD ICSB Sragen. Langsung Rintis Rumah UMKM, Siap Tampung dan Bantu Pemasaran Produk-Produk UMKM Sragen!

Giana Saputra, saat dikukuhkan menjadi Ketua DPD ISCB Sragen, Rabu (12/8/2020). Foto/Wardoyo
Giana Saputra, saat dikukuhkan menjadi Ketua DPD ISCB Sragen, Rabu (12/8/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Eksistensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Sragen berpeluang makin cerah. Ini menyusul kehadiran International Council for Small Business (ICSB) Kabupaten Sragen yang resmi terbentuk, Rabu (12/8/2020).

Pengusaha muda sekaligus Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sragen, Giana Saputra didaulat menahkodai DPD ICSB Sragen.

Rabu (12/8/2020) tadi, Giana resmi dilantik bersamaan dengan pengukuhan kepengurusan DPD ICSB yang bertepatan dengan hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2020.

Pelantikan dilakukan langsung oleh pengurus ICSB wilayah Jawa Tengah.
Seusai dilantik, Ketua DPD ICSB Sragen, Giana Saputra menyampaikan kehadiran DPD ICSB itu sebagai langkah positif untuk memberdayakan dan membantu pengembangan UMKM.

Menurutnya, kehadiran ICSB diharapkan menjadi wadah untuk menyatukan UMKM serta memotivasi jejaring startup dan pelaku UMKM agar lebih siap dalam marketing.

“Apalagi di masa pandemi saat ini, kendala terbesar yang dihadapi UMKM adalah pemasaran. Dengan adanya ICSB ini, akan bisa mencari solusi bagi pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran produk UMKM,” paparnya.

Baca Juga :  PSBB Jakarta Jadi Mimpi Buruk bagi Sragen, Omzet Puluhan Perajin Batik Makin Anjlok. Pemilik Batik Brotoseno: Baru Saja Mau Bangkit, Kini Ambles Lagi!

Lebih lanjut, Giana menguraikan nantinya ICSB akan bergerak untuk membantu pemasaran UMKM.

Baik melalui strategi pemasaran offline, UMKM juga akan diajak untuk memberdayakan pemasaran via online.

Guna mewujudkan hal itu, Giana menyebut akan mengintensifkan koordinasi dengan ICSB Jateng dan Pemkab setempat. Termasuk program rumah UMKM yang akan segera dirintis.

Program rumah UMKM itu diharapkan bisa membantu mewadahi kepentingan UMKM utamanya dalam hal pemasaran.

”Di rumah UMKM semua produk UMKM Sragen bisa dipasarkan dengan management yang sistematis, tujuan kita agar sukses untuk bersama,” terangnya.

Jajaran Ketua dan pengurus DPD ICSB Sragen saat berpose bersama Sekda Sragen. Foto/Wardoyo

Giana melanjutkan, saat ini sudah ada 17 perwakilan dari total 35 pengurus yang ada di Kabupaten Sragen. Untuk mengefektifkan program, tiap-tiap kecamatan nantinya akan dibentuk koordinator lapangan.

Baca Juga :  Sah, Pasangan Yuni-Suroto Akan Ada di Kotak Kanan Surat Suara pada Pilkada Sragen 2020. Ketua KPU Yakinkan Tak Ada Pesanan!

“Apalagi, dari teman-teman yang baru dilantik ini banyak yang sudah merintis startup. Ini bagus untuk mendorong dan membangkitkan jiwa kewirausahaan mereka sehingga bisa menularkan semangat itu ke orang lain,” tukasnya.

Sekretaris Wilayah ICSB, Sudarto menjelaskan ICSB merupakan asosiasi UMKM internasional dengan kantor pusat berada di Washington DC, Amerika Serikat. Indonesia sendiri tercatat bergabung sejak 2015.

“Target organisasi ini, kita ingin memberikan edukasi pada UMKM yang SDM-nya perlu ditingkatkan,” terangnya.

Kehadiran ICSB siap membantu memfasilitasi UMKM. Mulai dari akses pemasaran, permodalan hingga memberi bantuan advokasi. Seperti memberikan pemahaman legalitas, perizinan untuk pengembangan usaha.

”Peminat yang bergabung besar, karena dengan bergabung disini akan interaksi dengan UMKM yang lain. Jadi saling terbantu untuk kebutuhan,” tandasnya. Wardoyo