JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

PSSI Lepas Skuad Timnas U-19 untuk Pelatnas di Kroasia, Ini Pesan Ketua Umum Mochamad Iriawan

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melepas pemain Timnas U-19 yang akan menjalani pelatnas di Kroasia, Sabtu (29/8/2020). Foto: pssi.org

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tim sepakbola nasional Indonesia U-19 berangkat menuju Zagreb, Kroasia untuk menjalani pelatihan nasional, Sabtu (29/8/2020) malam. Skuad Garuda Muda dilepas langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

PSSI memberangkatkan Timnas U-19 ke Kroasia sebagai persiapan menghadapi ajang Piala AFC U-19 yang akan digelar di Uzbekistan, meski kepastian jadi tidaknya ajang tersebut masih menunggu informasi selanjutnya.

“Sesuai janji saya, federasi mengirim kalian berlatih ke luar negeri. Kroasia ini bukan negara kaleng-kaleng, peringkat keenam FIFA, runner-up Piala Dunia 2018 lalu,” kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu (30/8/2020).

Iriawan menambahkan, PSSI masih menantikan kepastian apakah Piala Asia U-19 di Uzbekistan tetap diselenggarakan sesuai jadwal pada bulan Oktober atau ditunda. Kendati demikian, PSSI memastikan tetap memberangkatkan Timnas U-19 sambil menunggu perkembangan.

Baca Juga :  Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Butuh Anggaran Rp400 Miliar untuk Renovasi Stadion. Termasuk Stadion Manahan Solo

“Yang pasti, federasi tetap memberangkatkan kalian ke Kroasia untuk TC sebulan di sana. Nanti kita lihat perkembangan Piala AFC U-19, apakah tim ini lanjut ke Uzbekistan atau menuju tempat lain untuk berlatih tanding di negara-negara lain yang dibilang sebagai negara maju dalam persepakbolaan. Kita lihat apakah akan ke Turki, Portugal atau negara lain,” katanya.

Iriawan berpesan kepada skuad Timnas U-19 untuk memanfaatkan kesempatan pelatnas di luar negeri itu untuk mendapat pengalaman dan menyerap lebih banyak ilmu selama latihan.

Kalian ada di sini sebagai kebanggaan bangsa. Jangan sia-siakan kepercayaan Presiden Jokowi dan Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan langkah konkret mendukung kita, memberikan bantuan biaya pelatnas di luar negeri. Manfaatkan itu, ambil banyak ilmu dari sana,” pesan pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Baca Juga :  Link Streaming Laga Persahabatan Timnas U-19 vs Qatar, Garuda Muda Waspadai Balas Dendam Lawan

Selain itu Iriawan juga berpesan kepada skuad Garuda Muda untuk menunjukkan niat serius dalam menekuni karier sebagai pesepakbola profesional.

“Baik di timnas, di klub dan di manapun berada. Perilaku yang baik dan mencerminkan sebagai pesepakbola profesional itu dinilai dari banyak hal, termasuk bagaimana mengatur pola makan serta menjaga diri dalam bermedia sosial,” tambahnya.

Pelepasan skuad Timnas U-19 menuju Kroasia turut diwarnai acara mencium bendera Merah Putih dengan diiringi lagu ‘Bagimu Negeri’, sebagai simbolisasi bahwa sejauh apapun dan ke manapun mereka melangkah, Indonesia tetap ada di hati para pemain timnas.