JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

PSW Unisri Ikuti Webinar Peran Perempuan di Tengah Pandemi

Ilustrasi / tempo.co
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sosok perempuan merupakan figur yang paling banyak disoroti dalam situasi apapun.  Termasuk perannya dalam masa pandemi Covid-19.

“Perempuan sebagai pengelola rumah tangga diharapkan memiliki daya kreativitas agar mampu mempertahankan perekonomian keluarga,” papar Ketua Pusat Studi Wanita (PSW)Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Setyasih Harini, SIP, MSi, Sabtu (8/8/2020) di ruang kerjanya.

Kondisi seperti itu, ungkap Setyasih, juga dilakukan oleh para istri nelayan  dari Desa Pangkalan, Kabupaten Rembang.

“Kebetulan kami sedang melakukan riset di sana. Untuk tetap mempertahankan ekonomi keluarga, para istri nelayan di Pantura ini  memanfaatkan sampah plastik menjadi perabot rumah tangga,” paparnya.

Di tempat itu, ujar Setyasih, perempuan bukan hanya berkontribusi dalam menangani isu lingkungan,  tapi juga turut serta berkontribusi melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

Setyasih Harini

Lebih lanjut,  Setyasih Harini mengungkapkan bahwa ide dan gagasan terkait perempuan dalam menghadapi pandemi Covid-19 tersebut telah disampaikan dalam forum webinar yang diselenggarakan oleh Komunitas Epistemik Gender dan Hubungan Internasional bersama Center for Security and Walfare Studies Fisip Universitas Airlangga, Rabu (5/8/2020) lalu.

“Kami bersyukur bisa mewakili Unisri turut serta berkiprah menyumbangkan ide dan pemikiran dalam seminar yang diikuti para pakar dan pemerhati perempuan dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia,” tandasnya, sebagaiman dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Dikatakan, hasil webinar tersebut ke depannya akan dimantapkan dalam bentuk book chapter terkait ketangguhan perempuan dalam menangani pandemi global. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com