JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Rotary dan Solo Tangguh Edukasi Pencegahan Corona Para Pedagang Pasar Tradisional. Bagi Masker dan Buatkan Wastafel

Pembagian masker kepada pedagang pasar tradisional di Solo untuk mencegah corona. Foto: dok
Pembagian masker kepada pedagang pasar tradisional di Solo untuk mencegah corona. Foto: dok

SOLO,JOGLOSEMARNEWS-Dalam  memperingati HUT  ke-75 Kemerdekaan  Republik  Indonesia,  Rotary  Indonesia ikut bersama merayakan kemerdekaan dengan memberikan berbagai bantuan ke berbagai elemen masyarakat di berbagai Kota di Indonesia. Untuk Kota Solo, Rotary Club di Area Solo memberikan 9 unit wastafel yang diletakkan di Plaza Bung  Karno  Manahan,  lalu Pasar Triwindu,  Pasar  Kembang  dan  Pasar  Singosaren pada Sabtu (15/8/2020).

Selain  Wastafel, Rotary  juga  membagikan  1.000  face  shield  dan  masker  Merah  Putih  untuk  pedagang  pasar tradisional. Bantuan lainnya yakni  memberikan  lampu  untuk  penerangan  kawasan  Plaza  Bung  Karno  dan tanda ajakan membuang sampah pada tempatnya. Sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan pada batik, maka cover  bak  sampah  di  Area  Manahan  juga dengan cover motif batik. Jika selama ini menggunakan motif parang barong, maka kini diganti dengan motif batik KAwung atas izin Pemerintah Kota Surakarta.

Baca Juga :  AMAN Gencar Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan dan Tangkal Hoax Soal Wabah Covid-19

“Sebagai kota yang  lekat akan  sejarah  batik, kami  menyayangkan  motif parang  barong ditempatkan  sebagai  cover  tempat  sampah,  maka  atas  ijin  pemerintah  kota kami  menggantinya dengan motif batik kawung seperti motif batik yang dipakai pada ornamen di dalam stadion yang baru.  Masyarakat  harus  memiliki  edukasi  tentang  pemanfaatan  motif  batik  yang  tepat  agar nuansa  budaya  di  Kota  Solo  bisa  dipertahankan,”  terang  Febri  H  Dipokusumo,  Pengurus Rotary Solo dalam kesempatan tersebut.

Dalam  kesempatan  yang  sama  Assistant  Governor  Rotary  Area  Solo,  Martha  K  Wibowo berharap  bahwa  bantuan  Rotary  kali  ini  sebagai  bentuk  dukungan  kepada  pemerintah  dalam menerapkan pola  tatanan kebiasaan baru. “Kami  ingin  hadir untuk ikut  memberikan edukasi pada   masyarakat   tentang   pentingnya   menerapkan   protokol   kesehatan   maka   kami   juga menggandeng Kodim 0735 dan Tim Solo Tangguh untuk ikut bersama kami menyapa masyarakat dan berbagi,” katanya.

Baca Juga :  Laju Pertambahan Kasus Covid-19 di Solo Belum Tunjukkan Tanda Berhenti, Total 564 Kasus

Seluruh  bantuan  diserahkan  secara simbolis kepada  Walikota  Surakarta  FX  Hadi  Rudyatmo  di Pelataran  Plaza  Bung  Karno  Manahan  dan  selanjutnya  Tim  Rotary  Area  Solo  bersama  Tim  Solo  Tangguh  berkeliling  ke  beberapa  pasar  tradisional untuk membagikan bantuan. Besar  harapan  kami  untuk  masyarakat  Kota  Solo  dan  berbagai elemen  masyarakat  ikut bergotong-royong bersama untuk mewujudkan Solo yang lebih kondusif dalam masa pandemi ini.(ASA)