JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Film

Satria Dewa Gatotkaca Bakal Syuting di Yogyakarta, Hanung Bramantyo Dapat Pesan dari Sri Sultan HB X

Film Satria Dewa Gatotkaca yang akan segera memulai proses syuting. Foto: Instagram/hanungbramantyo

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Produksi film Satria Dewa Gatotkaca akan segera memulai proses syuting. Namun lantaran situasi pandemi, lokasi syuting yang semula akan dilakukan di Jakarta dan Semarang, terpaksa harus dipindah.

Sutradara film Satria Dewa Gatotkaca, Hanung Bramantyo menjelaskan, persiapan penggarapan film yang telah dimulai sejak akhir tahun 2019 itu terpaksa mendapat sejumlah perubahan. Salah satunya yakni lokasi syuting.

“Kita menciptakan kota Astina karena keluarga Pandawa itu tinggal di kota Astina dan memang itu bukan kota besar seperti Jakarta. Kami ciptakan Astina itu dengan geografis seperti Kota Lama Semarang. Awalnya begitu konsepnya,” kata Hanung dalam konferensi pers daring, Kamis (13/8/2020).

Hanung bahkan mengaku sudah kulo nuwun dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Namun rencana menggelar proses syuting di Semarang akhirnya harus dibatalkan lantaran situasi di wilayah Jateng yang tidak memungkinkan.

Baca Juga :  Pelanggar Protokol Kesehatan di Yogyakarta Bisa Pilih Sendiri Hukumannya, Mulai dari Push-up, Menyapu Jalan, hingga Denda

“Bahkan saya berusaha melakukan silaturahmi dengan Gubernur Jawa Tengah, Pak Ganjar. Dia memberikan support,” ujar Hanung.

“Terus seminggu setelah mediasi, tiba-tiba Jawa Tengah masuk zona merah (pandemi Covid-19),” tambahnya.

Dengan pertimbangan itu, Hanung beserta tim produksi akhirnya memutuskan untuk memindahkan lokasi pengambilan gambar di Yogyakarta. Alasannya, agar lebih dekat dengan semangat dari kisah pewayangan di daerahnya langsung. Selain itu, kasus Covid-19 di Yogyakarta belum setinggi wilayah lain.

“Kemudian kami berusaha tetap keep di Jogja dan mengubah kreatif dalam satu kota,” terang suami Zaskia Adya Mecca itu.

Terkait pemindahan lokasi itu, Hanung bersama tim produksi film Satria Dewa Gatotkaca kemudian juga meminta izin kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Baca Juga :  Pelanggar Protokol Kesehatan di Yogyakarta Bisa Pilih Sendiri Hukumannya, Mulai dari Push-up, Menyapu Jalan, hingga Denda

Sri Sultan HB X disebut Hanung telah mengizinkan dan menyambut dengan baik. Namun Sri Sultan memberi satu pesan.

“Beliau memberikan wanti-wanti untuk hindari kegiatan kolosal. Nah, dari itu kita berpikir kita mengubah lokasi yang tadinya di tengah kota, bubar langsung pindah ke gunung, ke hutan. Social distance kita lakukan tidak hanya kru tapi juga lokasi,” imbuhnya.

Film Satria Dewa Gatotkaca dibintangi oleh sejumlah artis ternama seperti Rizky Nazar, Sigi Wimala, Yasmin Napper, Omar Daniel, Jerome Kurnia, Edward Akbar, Yayan Ruhiyan, Cecep Arif Rahman, hingga Yati Surachman. Film ini rencananya akan tayang pada tahun 2021 mendatang. Liputan 6