JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sering Lontarkan Kritik, Fahri Hamzah dan Fadli Zon Justru Terima Tanda Kehormatan dari Jokowi

Dua mantan pimpinan DPR, Fahri Hamzah (kiri) dan Fadli Zon (tengah) saat menghadiri acara Reuni Akbar Alumni 212 di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (2/12/2017). Foto: Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Penganugerahan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada politikus Partai Gerindra Fadli Zon dan Partai Gelora Fahri Hamzah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menimbulkan tanda tanya di kalangan masyarakat.

Pasalnya, baik Fadli Zon dan Fahri sebelumnya kerap mengkritik keras kebijakan Jokowi.

Belakangan, Gerindra masuk ke dalam koalisi pemerintahan dan Fahri yang awalnya di Partai Keadilan Sejahtera, bergabung dengan Partai Gelora.

“Bahwa misalnya ada pertanyaan mengenai Pak Fahri Hamzah kemudian Pak Fadli Zon ya, ya berlawanan dalam politik kemudian berbeda dalam politik ini bukan berarti kita ini bermusuhan dalam berbangsa dan bernegara. Inilah yang namanya negara demokrasi,” ujar Jokowi usai upacara penganugerahan selesai.

Baca Juga :  Kasus Klinik Aborsi Ilegal Jalan Percetakan Negara: Polisi Sebut Proses Menggugurkan Janin Hanya 5 Menit

Jokowi menegaskan bahwa ia berteman baik dengan Fahri maupun Fadli. Ia pun mengatakan bahwa pemilihan kedua nama itu telah diseleksi oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

“Ini penghargaan ini diberikan kepada beliau-beliau yang memiliki jasa terhadap bangsa dan negara dan ini lewat pertimbangan-pertimbangan yang matang oleh dewan tanda gelar dan jasa. Pertimbangannya sudah matang,” kata Jokowi.

Nama Fadli dan Fahri ada di antara 7 nama penerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya 2020. Selain mereka berdua, ada empat penerima lain juga merupakan politikus. Mereka adalah, Mahyudin (Wakil Ketua MPR RI 2014-2019), Agus Hermanto (Wakil Ketua DPR RI 2014-2019), Farouk Muhammad Saleh (Wakil Ketua DPD RI 2014-2019), dan Rahmat Shah (Anggota DPD RI 2009-2014 dan Anggota MPR RI 1999-2004).

Baca Juga :  Menyusul Elemen Lain, FPI dan GNPF Desak Penundaan Pilkada 2020

Selain itu, satu penerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya lain adalah Komjen (Purn) Suhardi Alius, (Kepala BNPT 2016-2020).

Penganugerahan diberikan pada Kamis, 13 Agustus 2020, di Istana Negara, Jakarta Pusat, bersama dengan para penerima lain.

www.tempo.co