JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Selama Pandemi, Terdapat 802 Klaster Tersebar di Indonesia

Ilustrasi virus corona. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Selama pandemi, setidaknya terdapat 802 klaster penyebaran covid-19. Demikian diungkapkan oleh staf khusus Menteri Kesehatan, Mariya Mubarika.

“Tracing kami terhadap klaster-klaster di Indonesia, sekarang ada 802 klaster,” kata Mariya dalam diskusi webinar, Minggu (9/8/2020).

Mariya mengatakan, data dari rumah sakit online per 8 Juli, klaster penyebaran Covid-19 yang terbaru berada di RSUD Sultan Sulaiman, Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara. Rumah sakit tersebut menjadi klaster baru setelah sejumlah tenaga kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga :  Semua Tenaga Honorer Pusat hingga Pemda Bakal Subsidi Gaji

Meski begitu, Mariya mengatakan klaster dengan kasus positif Covid-19 terbanyak masih berada di Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Bandung. Beberapa waktu lalu, Secapa TNI AD tercatat memiliki 1.308 pasien positif. Saat ini, pasien positif di Secapa AD Bandung itu tersisa 67 orang.

Baca Juga :  KPK Bakal Ungkap Nama Lain di Kasus Joko Tjandra dan Jaksa Pinangki

Menurut Mariya, meski kasus positif di Indonesia semakin meningkat, pemerintah masih bisa mengendalikan angka kematian. Selain itu, data menunjukkan jumlah kesediaan tempat tidur di rumah sakit juga masih mencukupi.

“Meski kasus meningkat tinggi, tapi yang dirawat tidak tinggi,” kata dia.

www.tempo.co