JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Terus Meluas, 7 Pegawai RSUD Sragen Kembali Positif Terjangkit Covid-19. Ada 5 Nakes dan 2 Petugas Bagian Administrasi, Total Sudah 30 Pegawai Terpapar

Ilustrasi salah satu tenaga medis RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen yang sembuh dari covid-19. Foto/Wardoyo
Ilustrasi salah satu tenaga medis RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen yang sembuh dari covid-19. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gelombang penyebaran corona virus atau covid-19 di RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen terus meluas.

Hari ini, Jumat (28/8/2020), sebanyak tujuh pegawai di rumah sakit milik Pemkab Sragen itu kembali harus menerima kenyataan pahit, dinyatakan positif covid-19.

Tujuh pegawai itu terdiri dari lima orang tenaga medis dan dua orang petugas administrasi. Tambahan tujuh positif itu membuat total karyawan RSUD Sragen yang positif Covid-19 total mencapai 30 orang.

“Iya benar. Berdasarkan hasil swab test yang keluar hari ini. Ada tambahan tujuh orang yang positif. Rinciannya lima orang tenaga kesehatan dan dua staf administrasi,” ujar Dirut RSUD Sragen Didik Haryanto melalui Wakil Direktur Joko Haryono kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (28/8/2020).

Joko menguraikan ketujuh pegawai yang terkonfirmasi positif itu tersebut menjalani tes swab pada Senin (24/8/2020). Meski positif, kondisi ketujuh orang tersebut dipastikan dalam keadaan baik.

Baca Juga :  Indonesia Dinilai Tak Aman karena Pandemi Covid-19, Timnas U-16 Pilih Jalani Pemusatan Latihan di Luar Negeri

Menurutnya, mereka tidak menunjukkan gejala klinis. Sehingga mereka dirawat dengan isolasi mandiri di RS Darurat Technopark.

Dengan tambahan 7 terpapar hari ini, total ada 30 pegawai RSUD Sragen yang positif Covid-19, 17 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Para petugas yang mayoritas nakes ini, terpapar dari pasien jantung di bangsal Rosela yang belakangan dinyatakan positif Corona.

“Sejak kasus positif akibat terpapar pasien bangsal Rosela itu, kami giatkan swab kepada seluruh pegawai. Hingga kini 30 pegawai dinyatakan positif, 17 di antaranya sudah sembuh,” terang Joko.

Pihak RSUD Sragen, lanjutnya, sudah melakukan tes swab kepada 505 pegawai. Sisanya sekitar 200-an pegawai, direncakan menjalani swab Senin (31/8/2020) depan.

Baca Juga :  Ponpes Ustadz Habib MA di Tangkil Sragen Masih Ditutup, 10 Santri dan Anaknya Isolasi Mandiri. Total 121 Orang Terlacak Kontak Erat dan Jalani Swab

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Hargiyanto, mengatakan ada penambahan delapan pasien positif Covid-19, hari ini. Selain pegawai RSUD Sragen, terdapat pasien positif hasil tracing kasus-kasus sebelumnya.

“Dari tujuh pegawai RSUD Sragen yang positif, satu di antaranya bukan warga Sragen. Sehingga hanya enam yang masuk di pendataan kami. Lalu ada dua tambahan warga positif hasil tracing, sehingga hari ini ada tambahan delapan kasus Covid-19,” ulasnya.

Dengan penambahan ini, total kasus covid-19 di Sragen menjadi 208 kasus. Dengan rincian, 128 pasien sembuh, 17 pasien meninggal dunia dan 63 orang sedang menjalani perawatan (44 asymptomatik dan 19 symptomatik). Wardoyo