JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Yogyakarta Internasional Airport Berpotensi Dongkrak Sektor Pariwisata di Jateng

Yogyakarta Internasional Airport (YIA) atau Bandara Internasional Yogyakarta diresmikan Presiden Joko Widodo, pada Jumat (28/8/2020). Istimewa
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Yogyakarta Internasional Airport (YIA) diyakini akan mendongkrak kinerja sektor pariwisata di Jawa Tengah. Potensi tersebut dinilai dari segi jarak antara bandara baru tersebut dengan Purworejo dan Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan optimistis jika Bandara Internasional Yogyakarta yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (28/8/2020) mampu mendongkrak pariwisata Jawa Tengah, terutama kawasan Objek Wisata Candi Borobudur.

Bandara baru yang dibangun untuk menggantikan Bandara Adisutjipto itu terletak di Kabupaten Kulon Progo dan hanya berjarak 60 kilometer dari Candi Borobudur.

Ganjar yang turut hadir dalam peresmian itu meyakini, keberadaan bandara itu akan menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Borobudur. Sebab selain aksesnya mudah, jarak yang ditempuh juga semakin dekat dibanding turun di Bandara International Ahmad Yani Semarang atau Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

“Tentu sebagai orang yang cukup lama hidup di Yogyakarta, saya ikut senang. Sebagai Gubernur Jawa Tengah, saya merasa terbantu karena hubungan Yogya dan Jateng semakin akrab. Dan kami punya kepentingan untuk mengembangkan Borobudur,” kata Ganjar ditemui saat menghadiri peresmian Bandara Yogyakarta.

Baca Juga :  Diduga Hendak Berbuat Kriminal, Remaja Yogya Ini Panik dan Lari Tinggalkan Motor Begitu Saja
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri peresmian Yogyakarta Internasional Airport (YIA) atau Bandara Internasional Yogyakarta oleh Presiden Joko Widodo, pada Jumat (28/8/2020). Istimewa

Ganjar sendiri memuji keberadaan Bandara Yogyakarta yang baru itu. Menurutnya, bandara yang dibangun dengan anggaran cukup besar itu memiliki design dan interior yang sangat bagus.

“Hasilnya oke, tidak hanya sekedar fungsi manfaatnya yang bisa didarati pesawat jumbo, tapi interior dan detailnya bagus banget. Dan ini karya anak bangsa yang patut diapresiasi,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, Bandara Yogyakarta International Airport dikerjakan dengan waktu yang cepat, yakni sekitar 20 bulan. Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun bandara tersebut sebesar Rp11,3 triliun.

“Dibanding bandara lama, bandara ini memiliki banyak kelebihan. Panjang runway 3.250 meter yang bisa didarati pesawat besar seperti Airbus A380 dan Boeing 777. Pesawat gedhe-gedhe bisa mendarat di sini,” kata dia.

Baca Juga :  Bus Terguling di Jalan Imogiri Panggang, 7 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Kapasitas penumpang lanjut Jokowi juga lebih besar dari bandara lama. Jika di bandara Adisudjipto hanya bisa menampung sekitar 1,6 juta penumpang, di bandara baru ini bisa menampung 20 juta penumpang.

“Ini besar sekali, tugas kita bersama-sama bisa mendatangkan 20 juta itu. Ini bukan tugas yang ringan,” jelasnya.

Jokowi juga mengatakan bahwa pembangunan Bandara Yogyakarta menggunakan design khusus. Bandara itu dibangun berkonsep tahan bencana, yakni tahan gempa hingga 8,8 skala richter dan bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter.

“Ini bandara besar dan menurut saya terbaik. Saat ini memang sepi, tapi setelah vaksin COVID-19 ditemukan, saya yakin bandara ini menjadi bandara paling ramai,” pungkasnya.

Dalam acara peresmian tersebut, hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Seperti Menteri Perhubungan, Budi Karya, Menteri BUMN Erick Tohir dan sejumlah pejabat penting lainnya. Hadir pula Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo. Satria Utama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com