JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gawat, Satu PNS di Pemda Sragen Positif Terpapar Covid-19, Berasal dari Karangmalang, Tertular dari Tetangganya!

Ilustrasi positif covid-19. Foto/Pixabay
Ilustrasi positif covid-19. Foto/Pixabay

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus corona virus atau covid-19 di Sragen kembali meledak. Hari ini, Minggu (13/9/2020) sebanyak 42 warga kembali dinyatakan positif terpapar covid-19.

Ironisnya, tak hanya masyarakat biasa dan tenaga kesehatan, wabah covid-19 sudah mulai merambah kalangan PNS.

Dari 42 positif tersebut, satu orang terdeteksi merupakan PNS di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sragen. PNS itu bertugas sebagai staff dan berasal dari Kecamatan Karangmalang.

PNS itu terdeteksi terkonfirmasi positif karena tertular dari tetangganya. Saat ini PNS itu sudah diisolasi di Technopark Sragen.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto membenarkan adanya satu PNS Sragen yang terkonfirmasi positif covid-19 hari ini.

“Benar ada satu PNS yang terkonfirmasi hari ini. Yang bersangkutan staff di Bappeda. Sudah diisolasi di Technopark Sragen,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (13/9/2020).

Baca Juga :  Ganasnya Penyebaran Covid-19 di RSUD Sragen. Dari Tukang Parkir, Sekuriti, Tenaga Kesehatan, Pendorong Pasien, Pendoa Jenazah Hingga Sopir Wadir Pun Bisa Terpapar

Namun, ia memastikan kondisi PNS itu dalam keadaan baik alias asimptomatik atau tanpa gejala.

“Dia tertular dari kontak erat orang dekatnya yang sudah lebih dulu terkonfirmasi positif,” tukasnya.

Tatag juga memastikan 42 warga yang positif covid-19 hari ini semua sudah diisolasi di Technopark. Menurutnya kapasitas masih memadai lantaran hari ini juga ada 41 pasien sembuh dan dipulangkan dari Technopark.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan ada 42 tambahan positif baru hari ini. Ia memastikan mayoritas hasil tracing dan tertular dari kontak erat pasien positif sebelumnya.

Baca Juga :  Gawat, Pasien Meninggal Karena Corona Bertambah Lagi Menjadi 20, Saat ini Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Sukoharjo Meroket Mencapai 543

Sementara, secara total, dengan tambahan 42 kasus positif itu melambungkan angka total kasus Sragen meroket melampaui 400 yakni di angka 410.

Rinciannya, 128 pasien dirawat, 263 sembuh dan 19 pasien meninggal dunia. Sementara jumlah suspek tercatat sebanyak 235 orang dengan rincian 17 orang dirawat, 263 sembuh dan 36 pasien meninggal dunia.

Di sisi lain, jumlah warga isolasi mandiri hari ini mencapai 54 orang dan 764 orang terlacak kontak erat. Sementara jumlah total warga yang meninggal tercatat mencapai 58 orang.

Rinciannya 36 suspek, 19 positif, 1 ODP asal Jati Sumberlawang, 1 PP balita asal Kedawung dan satu pasien positif sembuh lalu meninggal asal Sribit Sidoharjo. Wardoyo