JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Film

Ini Rekomendasi 10 Film Zombi Korea Terbaik

alah satu adegan di film Train to Busan.. Next Entertainment World 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Film horor bertema zombi memiliki tempat tersendiri di hati pencintanya. Selain drama percintann korea selatan juga memiliki beragam film horor bergenre zombi.

Menonton film zombi bisa menjadi alternatif mengusir rasa jenuh selama pandemi Covid-19.

Berikut 10 film zombi asal Korea Selatan terbaik versi IMDb yang bisa kamu tonton, seperti dilansir di laman Screenrant Rabu (2/9/2020):

1. Train To Busan (2016)

IMDb menobatkan film Train to Busan sebagai film zombi dari Negeri Ginseng dengan rating tertinggi sampai sekarang. Film ini sukses besar dan menginspirasi film kelanjutannya, Peninsula. Selain peringkat IMDb-nya, film yang disutradarai Yeon Sang-ho tersebut saat ini mendapat rating 94 persen di Rotten Tomatoes dan 72/100 di Metascore.

Film ini bercerita tentang seorang ayah dan anak yang berangkat ke Busan untuk memberikan kado spesial kepada ibunya yang berulang tahun. Mereka berangkat dengan kereta api cepat dari Seoul bersama penumpang lain. Ketika mereka akan berangkat, seorang perempuan dengan luka di kaki masuk dan menyerang pramugari. Sepanjang perjalanan kereta menjadi sangat menegangkan karena dihantui para zombi.

2. The Wailing (2016)

The Wailing adalah sebuah mahakarya dari Na Hong-jin. Film yang dibintangi Kwak Do-won menceritakan tentang kasus pembantaian keluarga yang dilakukan oleh keluarganya sendiri di sebuah desa terpencil di Korea Selatan yang bernama Gokseung. Ada pula rumor yang menyebut peristiwa itu disebabkan oleh hal mistis yakni kutukan orang Jepang yang tinggal di atas gunung. Penyakit yang disebabkan virus mulai menyebar ke seluruh dusun, dianggap sebagai akibat dari roh jahat di wilayah tersebut. Petugas polisi setempat Jong-gu (KwakDo-won) bertugas memecahkan misteri sekaligus melindungi keluarganya.

3. The Odd Family: Zombie for Sale (2019)

Salah satu film zombi komedi paling lucu dari Korsel adalah The Odd Family: Zombie for Sale, disutradarai oleh Lee Min-jae. Film ini dirilis di Korsel pada Februari 2019 tetapi tidak tayang di AS hingga 1 Juli 2020.

The Odd Family berfokus di keluarga Man Deok (Park In-hwan) yang mengelola bisnis pengisian bahan bakar di sebuah desa dan tinggal di sana bersama tiga anaknya. Suatu hari, Man Deok menderita gigitan zombi secara tiba-tiba, namun alih-alih berubah menjadi mayat hidup dia justru terlihat lebih muda. Warga desa yang penasaran jadi ingin juga digigit zombi. Nahasnya, warga desa yang digigit tidak terlihat muda namun jadi zombi betulan. Situasi di desa itu pun menjadi semakin kacau.

4. Rampant (2018)

Film Rampant disutradarai oleh Sung-Hoon kim. Menceritakan tentang pahlawan bernama Yi Chung yang berjuang melawan “Setan Malam” untuk menyelamatkan bangsa Joseon. Yi Chung adalah putra dari raja sekaligus seniman bela diri terhebat di dunia. Meskipun dia diberikan kepada kekaisaran Qing sebagai sandera politik, dia kembali ke rumah ketika sang kakak memanggil dia kembali setelah bertahun-tahun karena ada monster mengerikan yang mengganggu negara.

5. #Alive (2020)

Dirilis di Korsel pada 24 Juni 2020, tamasya zombi penuh aksi garapan sutradara Il Cho, #Alive, sudah menarik perhatian dan memenangkan hati. Sejauh ini, film tersebut telah mengumpulkan 13 juta dolar AS di box office. Netflix akan merilis film di seluruh dunia pada platformnya pada 8 September 2020.

Film mengisahkan tentang masyarakat di daerah padat Korsel yang lumpuh karena serangan zombi ganas yang disebabkan oleh virus yang tidak dikenal. Nasib kota berada ditangan Oh Joon-wo (Yoo Ah-in), seorang gamer terpencil yang harus tetap diam di tempat tingganya dan menangkis gerombolan zombi yang menyerang rumah.

6. Seoul Station (2016)

Film ini diarahkan oleh sutradara Train to Busan, Yeon Sang-ho, dan dirilis pada tahun yang sama. Seoul Station adalah sebuah film zombi animasi Korsel yang dibintangi Ryu Seung-ryong, Shim Eun-kyung, dan Lee Joon dalam peran utama.

Ini merupakan film prekuel dari film Train to Busan. Menceritakan tentang kisah seorang anak muda bernama Hye-sun yang kabur dari rumah dan melihat seorang gelandangan tua di sebuah kerumunan. Dia tersadar jika orang tua tersebut tengah dilahap oleh para zombi. Korban yang mati itu pun hidup kembali dan menyerang orang lain yang masih hidup.

7. Peninsula (2020)

Terlepas dari kesuksesan besar yang terus dinikmati di seluruh dunia, rating Peninsula dinilai jauh lebih rendah daripada pendahulunya, Train to Busan. Kedua film tersebut disutradarai oleh Yeon Sang-ho, tetapi sekuel ini gagal memenuhi standar yang ditetapkan oleh film pertama. Selain peringkat IMDb, film tersebut saat ini hanya mendapat rating 50 persen di Rotten Tomatoes.

Jung Seok (Gang Dong-won) adalah mantan tentara yang menerima misi untuk memimpin skuadronnya ke daerah terlantar di Semenanjung Korea Selatan untuk mendapatkan sebuah truk penuh uang. Ketika mereka tiba, regu itu disambut oleh kerumunan mayat hidup yang rakus dan menyerang mereka.

8. Doomsday Book (2012)

Ini adalah sebuah film antologi fiksi ilmiah Korsel yang disutradarai Kim Jee-woon dan Yim Pil-sung. Film tersebut mengisahkan tiga kisah unik penghancuran diri manusia pada era teknologi tinggi modern. Dalam kisah Yim A Brave New World, seorang ilmuwan kutu buku melempar apel yang terkontaminasi ke tempat pembuangan sampah, yang kemudian masuk ke palung makanan untuk sapi-sapi lokal. Daging sapi tercemar itu dimakan oleh seorang pria di acara barbekyu, memicu rantai zombifikasi yang kejam.

9. Horror Stories (2012)

Dalam kuartet sketsa menakutkan lainnya, Horror Stories bisa dibilang menyimpan kisah paling menakutkan untuk entri terakhir. Menyusul kisah invasi rumah, kisah narapidana yang melarikan diri, dan perumpamaan peringatan tentang operasi plastik, film tersebut diakhiri dengan serangan zombi yang memalukan. Film ini disutradarai oleh Kok dan Sun Kim.

10. The Neighbor Zombie

Film zombie ini dibalut dengan komedi. Film ini menggambarkan Seoul mengalami serangan virus zombi. Pemerintah membuat aturan agar siapapun yang sudah terkena virus ini harus segera dibunuh. Beberapa orang yang anggota keluarganya terkena virus ini berusaha melakukan segala cara agar anggota keluarga mereka tetap selamat.

www.republika.co.id