JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Inovatif, Model Baru Kunci Kamar Hotel, Tak Perlu Check-in Tamu Langsung Masuk Kamar

Menyambut bulan Juli 2019, The Sunan Hotel Solo meluncurkan paket kamar bertajuk “ On Which The Sun Never Sets ”.

JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat akan menginap di hotel, lazimnya tamu masuk ke lobi lalu mengantre di depan meja resepsionis untuk check in. Setelah semua urusan administrasi beres, barulah Anda menerima kunci kamar dan menuju kamar yang dipesan.

Nantinya, metode konvensional seperti ini bakal ditinggalkan. Sebab pandemi Covid-19 memaksa setiap orang mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Namun jika tidak check in, bagaimana tamu hotel bisa masuk ke kamar yang dipesan?

Business Development Manager Salto Systems, Edy Wijaya mengatakan ada metode baru yang mampu meninggalkan semua cara lama saat hendak menginap di hotel. “Kami membuat solusi keamanan untuk perhotelan dengan tetap mengutamakan kenyamanan, kemudahan dan kontrol bagi tamu dan manajemen hotel,” kata Edy dalam keterangan tertulis, Jumat 11 September 2020.

Baca Juga :  BSM Berkomitmen Tingkatkan Literasi Perbankan Syariah

Dia mengatakan, ketika tamu tiba di hotel, mereka ingin segera check in dan memulai apa yang harus dilakukan, seperti bersantai atau bekerja. Dan proses check in yang konvensional tadi dapat dilewati asalkan tamu hotel tersebut sudah reservasi sejak jauh hari. Tamu juga mesti mengunduh aplikasi yang menjadi ‘kunci’ untuk langsung menuju kamar dan segala fasilitas hotel tepat di hari pertama menginap.

Aplikasi Salto JustIN Mobile ini, menurut Edy Wijaya, memungkinkan para tamu untuk menerima kunci kamar hotel mereka secara online, kapan dan di mana saja. Ketika tamu tiba di hotel, mereka dapat langsung pergi ke kamar untuk beristirahat atau bekerja, tanpa perlu menunggu proses check in di resepsionis. Tidak hanya untuk masuk ke kamar, aplikasi ini juga dapat digunakan di lift, gerbang parkir, ruang pertemuan, akses ke kolam renang, spa, dan fasilitas lainnya.

Baca Juga :  Membangun Bisnis di Era New Normal dengan Pinjaman Online

“Jadi, akses tamu hotel cukup dengan ponsel pintar,” kata Edy Wijaua. “Layanan ini sesuai dengan kebutuhan di masa pandemi karena bersifat touchless.” Begitu juga jika ingin check-out, tamu hotel tinggal menon-aktifkan semua layanan hotel melalui aplikasi yang sama.

Sementara manajemen hotel, Edy Wijaya melanjutkan, dapat menggunakan manajemen software ProAccess Space yang mencakup fungsi grup check in, penataan kamar, dan perpanjangan waktu menginap secara real-time.

www.tempo.co