JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Korupsi Dana Desa Rp 1 Miliar, Kades dan Plt Sekdes Wonosari Ditahan Polres Purworejo. Kades Sempat Syok dan Masuk Rumah Sakit Saat Dengar Hendak Ditahan

Foto/Humas Polda
Foto/Humas Polda

PURWOREJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Purworejo, menahan Sri Darwati Kades (non aktif) dan Untung Plt Sekdes (non aktif) Desa Wonosari, Kecamatan Kemiri.

Keduanya diduga secara bersama-sama melakukan korupsi keuangan desa tahun anggaran 2016, 2017 dan 2018.

“Dari hasil audit BPKP Perwakilan Jawa Tengah diperoleh kerugian negara akibat perbuatan kedua tersangka sebesar Rp1.039.859.456,” kata Kasat Reskrim Polres Purworejo, AKP Agil Widiasampurna didampingi Kasubag Humas Iptu Siti Komariyah.

Baca Juga :  Cuaca Hari Ini Jumat, 21 Oktober 2021: Sebagian Wilayah di Jawa Tengah Diperkirakan Cerah dan Berawan. Solo Raya Berawan dan Hujan Ringan

Kasus ini bermula dari laporan sejumlah tokoh dan warga Desa Wonosari yang menduga bahwa Kades yang telah dua kali menjabat itu melakukan penyimpangan dalam mengelola keuangan desa.

Advertisement

“Keduanya dijerat dengan menggunakan pasal berlapis yaitu, pasal 2 ayat (1) subsider pasal 3 UU Dalam pasal 2 ayat (1) UU No. 20 Tahun 2001, Tentang Revisi Atas UU No. 31 Tahun 1999, Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jo pasal 5 ayat (1) ke-1 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP,” lanjut AKP Agil dalam rilis media siang ini (3/9/2020) di Mapolres Purworejo dilansir Tribratanews.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua