JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mengaku Punya Ilmu Menghilang, Pria Ini Tetap Ketahuan saat Coba Mempraktikkan Ilmunya untuk Mencuri. Baru Belajar Sebulan, Belum Lunasi Biaya Kursus

Ilustrasi pencuri. Foto: pixabay.com

PALEMBANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Seorang pemuda di Banyuasin, Sumatera Selatan tertangkap basah saat sedang mencuri. Kepada polisi, ia mengaku sedang mempelajari ilmu menghilang dan membuat orang tertidur.

Pemuda bernama Arta Wirianda (26), warga Perumahan Bumi Mas Indah Kelurahan Tanah Mas, Banyuasin, Sumatera Selatan ini akhirnya harus babak belur usai dihakimi massa karena tepergok sedang mencuri.

Kepada polisi, Arta mengaku baru belajar ilmu menghilang. Ia mengatakan sudah sebulan mengikuti kursus belajar ilmu menghilang. Ia juga mengaku bisa membuat orang tidur saat beraksi untuk mencuri.

Namun saat ia mencoba mempraktikkan ilmunya ketika sedang mencuri di sebuah rumah. Penghuni rumah terbangun dan melihat dirinya. Akhirnya ia babak belur dihajar massa.

Pemuda itu mengaku belajar ilmu menghilang dan membuat orang tidur dari seseorang yang ia panggil guru, yang berada di wilayah Betung.

Baca Juga :  Peneliti UGM Klaim Bisa Prediksi Gempa Lewat Pengukuran Konsentrasi Gas Radon dan Lever Air Tanah, Ini Kata BMKG: Ibarat Tes Covid-19 dengan Ukur Suhu Tubuh

Ia mengaku, tarif untuk mempelajari ilmu itu sebesar Rp500.000, tetapi dia baru menyerahkan uang Rp300.000 kepada guru tersebut.

Setelah mempelajari ilmu itu selama satu bulan, dia berinisiatif untuk mencobanya. Namun saat beraksi, ternyata korban melihat pelaku dan terkejut.

Menyadari ilmunya tidak berfungsi, tersangka langsung kabur ke dapur rumah dan mengambil pisau.

“Sebelum mencuri, aku ikut ritual dengan mandi kembang tiga warna. Pesan guru aku, kalau mau beraksi harus melepas baju dan celana. Hanya mengenakan celana dalam saja,” ujar tersangka saat diamankan di Polsek Talang Kelapa Banyuasin, Selasa (15/9/2020).

Tersangka yang beraksi di Perumahan Bumi Mas Blok M 2 Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, mengancam korban agar tidak berteriak.

Baca Juga :  Febri Diansyah Mundur dari KPK, Begini Perjalanan Karirnya

Namun, karena korban tetap berteriak membuat tersangka ketakutan dan melemparkan pisau ke arah korban.

Tersangka berupaya kabur, mengetahui dirinya sudah terlihat korban. Namun warga yang mendengar teriakan korban berhasil mengepung tersangka. Di sisi lain, ada warga yang menghubungi polisi.

“Baru kali ini mencuri. Karena untuk mencoba ilmu yang baru aku pelajari. Ternyata korban masih terbangun dan melihat aku,” ujar tersangka.

Kapolsek Talang Kelapa Banyuasin Kompol Masnoni didampingi Kanit Reskrim Ipda Nugroho Panji menuturkan, tersangka telah diamankan.

“Tersangka ini dipergoki korban, ada warga yang langsung menghubungi kami. Ketika itulah, kami datang ke lokasi dan langsung mengamankan tersangka. Tersangka mengakui bila dia menggunakan ilmu gaib untuk beraksi,” ujar Masnoni.

www.tribunnews.com