JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pasien Covid-19 Membeludak, DKI Gandeng 26 RS Swasta

Ilustrasi positif virus covid-19
madu borneo
madu borneo
madu borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jumlah kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta terus mengalami peningkatan. Karena itu, pemerintah setempat mengambil kebijakan dengan memperluas rumah sakit khusus Covid-19.

“Penambahan rumah sakit khusus karena angka positif terus meningkat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti.

Widyastuti menegaskan telah mengubah 13 rumah sakit umum daerah (RSUD) menjadi RS khusus Covid-19. Dengan demikian, saat ini sudah ada 67 RS rujukan Covid-19 di Ibu Kota.

“Kami pun kembangkan 13 RSUD akan total menjadi rumah sakit khusus Covid-19,” kata Widyastuti dalam diskusi online, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga :  Pusat Studi FH UI Sebut, Penyusunan Omnibus Law UU Cipta Kerja Ugal-ugalan dan Jorok

Widyastuti berharap kerja sama dengan RS swasta bisa menguatkan layanan rumah sakit di Ibu Kota untuk merawat pasien Covid-19. Selain itu, penambahan kamar isolasi dan ICU itu juga menjadi bagian dari proyeksi peningkatan jumlah pasien Covid-19.

“Tapi kami tetap berharap kamar yang kami sediakan itu jangan sampai terpakai,” ujarnya.

Widyastuti menuturkan pasien Covid-19 terus meningkat. Sehingga Pemerintah DKI perlu melakukan intervensi salah satunya dengan kembali mengetatkan PSBB.

Menurut dia, jika pemerintah tidak mengetatkan kebijakan PSBB maka berapa pun kapasitas rumah sakit yang ditingkatkan tidak bakal mampu menampung lonjakan penambahan pasien Covid-19.

Baca Juga :  Meski Demo Tolak UU Cipta Kerja Sempat Ricuh, Namun Tak Sampai Ada Gas Air Mata

“Kami menghitung proyeksi tanpa PSBB akan kurang rumah sakit yang disediakan. Makanya selain disiapkan layanan kesehatan juga intervensi kebijakan kepada masyarakat,” ucapnya.

Selain rumah sakit, Widyastuti mengungkap target untuk menambah tempat tidur isolasi dan ICU pasien Covid-19 di 26 rumah sakit swasta.

Kerja sama dengan rumah sakit swasta itu diharapkan dapat menampung pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

www.tempo.co