JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Penularan Covid-19 Berasal dari Orang-orang Terdekat

Ilustrasi virus corona. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMAREWS.COM – Penularan Covid-19 berasal dari orang-orang terdekat dan berada di lingkup sekitar. Hal itu dikatakan oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

“Yang menulari kita adalah orang yang terdekat. Siapa orang terdekat, yakni keluarga, saudara, sanak, famili atau teman sekerja. Itulah yang berpotensi,” kata Doni dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/9/2020).

Baca Juga :  Relawan Ambil Formulir di PKB Bekasi, PSI Bilang Pendaftaran Kaesang di Pilkada Bukan Keinginan Partai

Doni berujar, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, sebanyak tujuh persen penderita Covid-19 di Wisma Atlet adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah.

Data tersebut sekaligus kembali menegaskan bahwa para pasien tertular dari orang yang berada di dekatnya.

Menurut Doni, tidak ada lagi tempat yang aman, terutama wilayah yang berada di zona pandemi. Ia pun mengingatkan bahwa ancaman pandemi tidak akan berakhir dan manusia akan terus menjadi perantara virus.

Baca Juga :  Kronologi Taruna STIP Jakarta Tewas Dianiaya Senior

Kalau pun ada vaksin, kata Doni, tidak berarti seseorang tidak tertular dan menghentikan Covid-19. Tetapi dengan vaksin, seseorang memiliki kekebalan tubuh lebih kuat dalam melawan adanya infeksi virus.

“Covid-19 ada terus. Yang divaksin ini bisa tahan, sementara yang tidak divaksin tetap saja nanti bisa menjadi terpapar Covid-19,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com