JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pendaftar Program Kartu Prakerja yang Gagal Sampai 3 Kali Bisa Mengadu, Ini Caranya

Ilustrasi kartu prakerja. Foto: prakerja.go.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tiga kali sampai gagal mendaftarkan program Kartu Prakerja, tak perlu risau. Pasalnya, manajemen pelaksana Program Kartu Prakerja telah memberikan jalan keluar bagi mereka yang tidak lolos dalam program tersebut.

Hal itu disampaikan melalui akun media sosial Instagram resminya agar dapat memberikan titik terang bagi yang benar-benar membutuhkan.

“Halo, Sobat Prakerja! Mimin punya kabar buat Sobat yang sudah 3 kali mencoba bergabung ke Gelombang, namun belum berhasil menjadi peserta Kartu Prakerja,” tulis akun tersebut, Kamis ( 10/9/2020).

Bagi calon peserta sudah gagal hingga tiga kali dalam mendaftarkan Kartu Prakerja maka dapat mengadukan masalah tersebut ke manajemen pelaksana.

Adapun untuk tahapannya, peserta dapat mengisi terlebih dahulu surat pernyataan yang bisa diunduh melalui link surat pernyataan gagal tiga kali. Untuk tautan unduhan formulir tersebut dapat mengunjungi http://bit.ly/suratpernyataangagalprakerja

Baca Juga :  Kemenkes Dominasi Jumlah Kasus Covid-19 Klaster Perkantoran di DKI Jakarta

Selanjutnya isi dengan benar surat pernyataan tersebut lalu kemudian kirim ke alamat email: [email protected] Setelah terkirim, nanti Manajemen Pelaksana Prakerja akan melakukan pengecekan lebih lanjut untuk segera ditindaklanjuti.

Selain itu, calon peserta yang belum terpilih juga tetap bisa mencoba bergabung dalam gelombang berikutnya. Untuk gelombang 8 Kartu Prakerja telah dibuka hari ini, 10 September 2020, pukul 12.00 WIB.

Agar bisa mendaftar, calon peserta Kartu Prakerja juga harus memastikan syarat sebagai berikut :

1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Berusia di atas 18 tahun
3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Baca Juga :  Diduga Gali Lubang dari Kamar, Napi Berhasil Kabur dari Lapas Tangerang

Lalu untuk cara mendaftar diri ke program Kartu Prakerja calon peserta harus mengikuti sejumlah langkah. Adapun langkahnya sebagai berikut :

1. Buka laman www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer kamu
2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun
3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.
4. Klik ‘Gabung’ pada gelombang yang sedang dibuka
5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang melalui SMS
Apabila ingin mencari informasi terkait Kartu Prakerja para peserta juga dapat mengunjungi laman www.prakerja.go.id/faq.

www.tempo.co