JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sambut Rencana Pemindahan Ibukota, Menhub Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan Mobil Tanpa Sopir

Mobil tanpa sopir Oxbotica saat uji coba di Milton Keynes, Inggris, 11 Oktober 2016 / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menyambut rencana pemerintah yang akan memindahkan ibukota ke Kalimantan Timur, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong perguruan tinggi untuk terus melakukan penelitian dan pengembangan mobil tanpa sopir atau kendaraan otonom (Autonomous Vehicle).

Menurut Menhub, calon ibukota baru Indonesia di Kalimantan Timur itu dirancang dengan konsep smart, green dan sustainable city sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga :  Sudah 3 Kali Dapat Peringatan Keras, Giliran Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dilaporkan Atas Tindakan Asusila

“Kami melihat bahwa pengembangan kendaraan otonom sangat erat kaitannya dengan konsep ibu kota baru dan ke depannya dan kami jadikan ini sebagai dasar membangun sistem transportasinya. Ini merupakan wajah baru transportasi Indonesia,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9/2020).

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri acara Webinar “How Will Autonomous Vehicle Transform Our New Capital” yang diselenggarakan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca Juga :  Ketum PPP Hadir di Halalbihalal Golkar, Isyarat Gabung Kubu Prabowo?

Menhub mengungkapkan Indonesia memiliki pasar industri otomotif yang sangat besar dan diprediksi dalam 5 hingga 10 tahun mendatang, penjualan mobil tanpa sopir bisa mengungguli mobil konvensional saat ini.

Dia pun mengapresiasi ITB yang telah menyadari potensi dari kendaraan otonom dan mulai melakukan penelitian dan pengembangannya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com