JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hingga Jumat, Sudah 2,3 Juta Pekerja Terima Bantuan Subsidi Gaji Tahap I

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sampai dengan hari Jumat (4/9/2020) sudah ada 2.31.974 orang pekerja yang menerima bantuan subsidi gaji tahap I. Demikian catatan yang ada di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

“Sebanyak 2,3 juta pekerja atau 92,44 persen dari total penerima subsidi gaji/upah tahap I telah menerima bantuan. Sisanya masih dalam proses,” tulis akun twitter @KemnakerRI, Sabtu (5/9/2020) malam.

Saat ini, kata Kemenaker, para calon penerima yang masih belum menerima subsidi gaji di rekeningnya masih dalam proses. Bank penyalur disebut segera menyalurkan bantuan tersebut ke rekening penerima.

Baca Juga :  Epidemiolog: Perpanjangan PSBB di DKI Tak Akan Berhasil Signifikan, Ini Sebabnya

“Untuk Rekanaker yang memenuhi syarat mendapat subsidi, pastikan bahwa rekening yang terdaftar masih aktif dan sesuai dengan identitasmu ya,” tulis Kemenaker.

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BP Jamsostek, Irvansyah Utoh Banja mengatakan hingga pekan ini lembaganya telah menyerahkan 5,5 juta data peserta yang berhak mendapatkan bantuan tersebut kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Rinciannya, sebanyak 2,5 juta data diberikan pada pekan lalu dan 3 juta data diserahkan pada pekan ini.

Baca Juga :  Bergaya Seperti Pembalap Motogp, Orang Ini Malah Bikin Celaka Orang Lain

“Sehingga total sebanyak 5,5 juta data peserta dalam dua tahap,” kata Utoh.

Menurut dia, BP Jamsostek hanya berwenang memberikan data kepada pemerintah. Sementara, perkara proses pencairan berada di ranah Kemnaker.

Utoh mengatakan lembaganya hingga kini telah mengumpulkan 14,3 juta nomor rekening calon penerima bantuan subsidi upah, dari target 15,7 juta penerima. BP Jamsostek melakukan tiga tahap validasi terhadap data tersebut. Sampai saat ini, data yang sudah tervalidasi baru 11,5 juta rekening penerima.

www.tempo.co