JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Tandatangani Kerja Sama dengan Unnes dan Unsoed, Jamal Wiwoho Berharap Kedua PTN Bisa Segera Susul UNS

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani Nota Kesepahaman secara virtual dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Selasa (1/9/2020). Dalam penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, langsung dilakukan oleh masing-masing Rektor yaitu Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman dan Rektor Unsoed, Prof. Suwarto.

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa untuk merealisasikan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) tentang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, perguruan tinggi perlu bekerja sama dengan perguruan tinggi lain.

“Bahkan tidak hanya dengan perguruan tinggi di Indonesia, namun juga perlu bekerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta dengan perguruan tinggi di luar negeri. Kita tidak mungkin berdiri megah tanpa kerja sama dengan kampus lain,” terang Prof. Jamal dalam rilis.

Baca Juga :  UNS GLAD Gelar International Sharing Session bersama UPM Buddies

Prof. Jamal berharap dengan penandatanganan kerja sama ini akan menelurkan berbagai kegiatan antara UNS, Unnes dan Unsoed. Baik itu berupa riset bersama, publikasi bersama, tukar menukar mahasiswa dan tukar menukar dosen untuk bersama-sama memajukan ketiga perguruan tinggi.

“Semoga Unnes dan Unsoed bisa segera menyusul UNS masuk dalam perguruan tinggi Kluster 1. Kami berharap semoga UNS, Unnes dan Unsoed bisa segera menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH),” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman mengucapkan terima kasih kepada UNS dan Unsoed atas dilakukannya kerja sama ini. “Unnes, UNS dan Unsoed merupakan tiga perguruan tinggi negeri di Jawa Tengah. Dengan mengimplementasikan kerja sama tentang Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), kerja sama ini pasti akan berdampak positif untuk penguatan perguruan tinggi masing-masing dan tentunya akan memberikan kontribusi untuk Jawa Tengah dan Indonesia,” ujar Prof. Fathur.

Baca Juga :  UNS Terima 148 Mahasiswa Program Permata Sakti

Prof. Fathur menambahkan, melalui kerja sama ini semoga ketiga perguruan tinggi dapat merancang materi- materi kuliah berbasis daring. “Unnes bisa ambil UNS, Unnes bisa ambil Unsoed begitu juga sebaliknya. Dan tentunya ketiga perguruan tinggi ini kedepan dapat melakukan kolaborasi riset bersama,’ imbuhnya. Prihatsari