JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Akhirnya, Pengguna WhatsApp Bisa Pilih ‘Always Mute’ atau ‘Selalu Bisukan’ untuk Chat yang Dianggap Mengganggu

Ilustrasi aplikasi WhatsApp. Foto: pixabay.com
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JOGLOSEMARNEWS.COM Aplikasi pesan, WhatsApp, akhirnya menerapkan fitur terbarunya, yakni pilihan untuk selalu membisukan pecakapan atau chat yang diinginkan pengguna. Dalam update terbaru, pilihan mute atau bisukan yang sebelumnya ‘1 tahun’ kini berubah menjadi ‘selalu’ atau ‘always’.

Fitur mute atau bisukan ini sebetulnya bukan fitur baru, tetapi sebelumnya pengguna hanya bisa melakukan mute pada percakapan paling lama untuk satu tahun.

Dengan perubahan fitur tersebut, maka kini pengguna tidak perlu mengulang pilihan bisukan setiap tahun, namun cukup pilih ‘selalu’ maka percakapan yang diinginkan tidak akan muncul notifikasi setiap menerima pesan.

Fitur ini pertama kali dilaporkan telah dalam masa uji coba pada bulan Agustus lalu. Namun pembaruan fitur tersebut yang telah diterapkan kepada semua pengguna, diketahui dari pernyataan resmi WhatsApp melalui akun Twitter @WhatsApp, Jumat (23/10/2020). “Kamu sekarang bisa mute percakapan untuk selamanya,” tulis WhatsApp.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Kamis 26 November 2020: Libra Akan Mendapat Jawaban, Aries Menjadi Sangat Sibuk
whatsapp selalu bisukan
Pengumuman pembaruan fitur bisukan di aplikasi WhatsApp. Foto: Twitter/@WhatsApp

Dengan membisukan atau mute sebuah percakapan, pengguna masih bisa menerima pesan, baik itu dari percakapan pribadi maupun grup, namun tidak akan ada notifikasi yang muncul pada ikon maupun suara.

Fitur Pencarian Tingkat Lanjut

Selain fitur selalu bisukan, pekan lalu WhatsApp juga telah kedatangan fitur baru, yakni advanced search atau pencarian tingkat lanjut. Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah diketahui sejak April 2020, tapi baru kini tersedia untuk seluruh pengguna.

Dikutip dari Android Authority, Rabu (7/10/2020), fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mencari media, seperti foto, video, audio, dokumen, hingga GIF lain dengan lebih mudah.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini, Selasa 24 November 2020: Libra Teringat Masa Lalu, Aries Lebih Banyak Berpikir Tentang Teman

Hal itu dimungkinkan sebab kini kolom pencarian dibuat lebih spesifik, sehingga pengguna dapat langsung memilih file yang ingin dicari. Mengingat sebelumnya, pencarian di WhatsApp hanya dapat dilakukan untuk teks saja.

Untuk memanfaatkan fitur ini, caranya pun terbilang mudah. Pengguna tinggal mengetuk ikon pencarian yang ada di pojok kanan atas aplikasi.

Setelah itu, filter pencarian spesifik akan muncul, mulai dari foto, GIF, audio, hingga dokumen. Lalu, pengguna WhatsApp tinggal memilih file yang ingin dicarinya dan mengetik kata kunci pencarian.

Nantinya, hasil pencarian tidak hanya akan menampilkan pesan yang berhubungan dengan kata tersebut, melainkan juga file yang dikirimkan bersama dengan kata pencarian tersebut. Liputan 6