JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Bagong Mbangun Pawiyatan, Wayang Climen Ulang Tahun ke-66 Yayasan Pengudi Luhur

Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Punakawan, dalam budaya Jawa sering digunakan sebagai simbol pencerahan. Dalam pertunjukan wayang, sosok Punakawan inilah pesan-pesan penting disampaikan kepada penonton.

Lantaran itulah, dalam ulang tahun ke-66, Kamis (29/10/2020), Yayasan Pangudi Luhur menggelar Wayang Climen yang digelar secara virtual mulai pukul 20.00 WIB hingga selesai.

Sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews, guru SMP PL Dominico Savio, FX Triyas Hadi Prihantoro menjelaskan, pentas wayang Climen yang dibawakan oleh Dalang Ki Seno Nugroho tersebut mengangkat lakon Bagong Mbangun Pawiyatan.

Pagelaran tersebut dapat disaksikan di link https://youtu.be/HFxg7scvHhy.

Berikut 10 nilai Keutamaan (Wewarah) yang menjadi ciri khas padepokan (sekolah) yang didirikan oleh Bagong:

1. Rendah hati

Bertingkah lakulah rendah hati. Jangan menganggap diri lebih hebat dari orang lain. Jika menjadi murid perguruan Marga Luhur yang congkak, tidak akan dicintai oleh teman-teman (sesama). Karena kecongkakan Anda, pasti akan banyak kemalangan dan kekacauan. “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihi yang rendah hati.”

2. Teladan baik

Sebagai murid perguruan Marga Luhur hendaknya memandang dirinya sebagai pelita (lampu penerang) bagi yang lain. Kita saling menjadi pelita satu dengan yang lainnya. Kita saling menjadi teladan dalam segala hal: semangat belajar, peduli lingkungan, membantu teman yang kekurangan, tekun, bersemangat, ramah dengan siapa pun.

3. Mencintai sesama manusia

Tuhan meminta agar kita saling mencintai satu dengan yang lain. Dalam hal ini, sebagai murid perguruan Marga Luhur juga diminta saling mencintai satu dengan yang lainnya. Tidak pandang bulu, suku, agama dan golongan. Sungguh, Cinta harus menjadi alasan segala tindakan murid-murid perguruan Marga Luhur. Bagaimana mungkin seorang murid perguruan Marga Luhur yang terkenal tidak memiliki rasa Cinta dengan sesama? Apa kata orang?

Baca Juga :  Mulai Januari 2021, Kota Bogor Bakal Gelar Sekolah Tatap Muka

4. Saleh

Pandai secara intelektual semata tidak cukup. Selain mempunyai otak yang cerdas dan memiliki banyak keterampilan, semua itu tidak akan banyak bermanfaat jika tidak memiliki kualitas kepribadian yang baik. Murid perguruan Marga Luhur harus memiliki sikap saleh. Beberapa sikap saleh anatara lain: sabar, tidak mudah tersinggung, tidak sewenang-wenang.

5. Sikap bijaksana

Salah satu sifat yang paling cocok dan paling perlu dalam hidup adalah sikap hati-hati/bijaksana. Seorang murid perguruan Marga Luhur, betapa mahir, cerdas dalam ilmu pengetahuan, tidak boleh mengandalkan akan kebolehannya tersebut. Dalam segala hal harus lebih dahulu mohon nasihat dan pertolongan kepadaTuhan. Murid perguruan Marga Luhur harus menjadi orang yang bijaksana. Agar menjadi orang yang bijaksana seorang murid perguruan Marga Luhur harus menjadi orang beriman, sesuai agama dan piwulang masing-masing.

6. Lembut hati

Dari antara segala sifat baik yang harus dimiliki seorang siswa murid perguruan Marga Luhur adalah lembut hati. Tak ada sifat baik yang lebih baik yang membantunya berbuat baik terhadap orang lain, teman, sesama daripada kelembutan hati. Mulailah segala sesuatu dengan lembut hati; jika cara itu tidak berhasil bertindaklah tegas.

7. Tabah hati

Tabah hati adalah sifat baik yang penting. Karena jika kita ditimpa oleh kelemahan-kelemahan dalam hidup, ketabahan hati akan memberi kekuatan kepada kita. Tabah hati akan membuat kita tetap bersemangat dan tekun dalam menghadapi kesulitan-kesulitan hidup. Seorang murid perguruan Marga Luhur harus tabah hati.

8. Berpengetahuan

Seorang murid perguruan Marga Luhur hendaklah menjadi orang yang arif, bijaksana, dan berpengetahuan. Jika murid perguruan Marga Luhur kurang berpengetahuan, tidak memiliki kearifan, dan kebijaksanaan yang dibutuhkan, maka hanya akan menjadi seorang pribadi biasa-biasa saja. Murid perguruan Marga Luhur hendaknya menjadi pribadi yang luar biasa’ bijaksana dan berpengetahuan.
9. Semangat dan teguh hati

Baca Juga :  Belajar Tatap Muka, PGRI: Basis Data Epidemiologi Harus Jadi Perhatian

Semangat yang bernyala tak akan terkalahkan oleh kesukaran apa pun, tak dapat dibujuk oleh rayuan. Seorang murid perguruan Marga Luhur harus sangat bersemangat dalam hal pelaksanaan tata tertib kehidupan. Agar semangat tersebut teratur baik, semangat itu harus selalu disertai keteguhan hati. Murid perguruan Marga Luhur harus bersemangat memperhatikan kemajuan padepokan dan kemajuan secara pribadi (belajar terus-menerus).

10. Percaya kepada Tuhan

Untuk memperoleh keselamatan dan hidup berbahagia di dunia ini, perlulah setiap murid perguruan Marga Luhur percaya kepada Tuhan/beriman. Murid perguruan Marga Luhur harus dengan mantap percaya padaTuhan, dari arah mana pun angin ribut datang, betapa berat pun tiupan angin, dan betapa sulit dan berat tantangan hidup. Tabahlah dan percayalah kepada penyelenggaraan illahi. Serahkan diri Anda kepada-Nya. Dan apa pun yang akan Anda alami, bertindaklah selalu dengan bijak dan tenang. Dan terutama dengan kepercayaan kepada penyelenggaraan Ilahi, maka Tuhan akan menyelenggarakan segala-galanya untuk hidup Anda.

Semar menyimpulkan seluruhnya:

1. Coba dengarkan dan renungkanlah semuanya yang telah diajarkan oleh Guru Bagong di Pawiyatan Marga Luhur ini adalah untuk menyelamatkan jiwa-jiwa semua murid yang menjadi anak asuhnya. Mereka semua diharapkan mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi, agar mereka mampu menduduki posisi-posisi penting di masyarakat.

2. Mendidik anak-anak dari rakyat jelata, untuk mengangkat harkat dan martabat mereka, sehingga mereka bebas dari kebodohan, bebas dari penjajahan (penindasan) para penguasa, dan akhirnya mampu menjadi tuan di negaranya sendiri. suhamdani