JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Operator Liga 1 Pastikan Kompetisi Lanjutan Tak Digelar Tahun Ini, Dirut PT LIB: Paling Aman Februari 2021

Pertandingan PSIS melawan Arema FC dalam kompetisi Liga 1. Foto: liga-indonesia.id
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Lanjutan kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1, dipastikan tidak akan digelar pada tahun ini. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menyebut kompetisi paling aman mulai kembali digulirkan pada Februari 2021.

Tidak digelarnya sisa kompetisi Liga 1 musim 2020 pada tahun ini disebabkan berbagai pertimbangan, terutama lantaran pihak kepolisian yang tidak akan memberikan izin karena banyaknya agenda di Tanah Air.

“Exco (PSSI) rapat tadi malam, sebelumnya juga kami (PT LIB) rapat dengan PSSI, bahwa November belum ada kabar izin, berarti polisi belum mengeluarkan izin. Kalau kita ngomongin Desember itu ada Pilkada, Natal, Tahun Baru, polisi pasti siaga penuh,” ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita dikutip Tempo.co dari Antara, Kamis (29/10/2020).

Baca Juga :  Bhayangkara FC Berhome Base di Stadion Manahan, Solo Punya Wakil di Liga 1 2021

Sebelumnya, PSSI bersama dengan PT LIB dan klub telah sepakat untuk memulai kembali kompetisi pada Oktober 2020 ini, namun pihak kepolisian tidak memberikan izin dengan alasan situasi pandemi Covid-19 dan penularan virus corona yang masih masif.

Selanjutnya, PT LIB dan PSSI bertemu dengan klub peserta Liga 1 dan Liga 2 untuk membahas kelanjutkan kompetisi. Hasilnya, semua pihak sepakat dengan tiga opsi. Pertama, menggulirkan lanjutan kompetisi pada 1 November 2020 dan selesai pada Maret 2021.

Opsi kedua, jika tanggal 1 November 2020 tidak diizinkan, PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni pada 1 Desember 2020. Ini semua PSSI lakukan karena aspirasi klub yang ingin kompetisi kembali digelar.

Akan tetapi, jika baru bisa dimulai pada 1 Januari 2021, maka opsi ketiga adalah kompetisi akan digelar dua wilayah karena keterbatasan waktu. Sebab pada Mei-Juni 2021, PSSI sudah memiliki agenda besar lainnya, yakni Piala Dunia U-20.

Baca Juga :  Legenda Diego Maradona Meninggal, Para Bintang Sepakbola Ini Turut Ucapkan Belasungkawa

Terlepas dari adanya tiga opsi tersebut, Dirut PT LIB itu mengatakan, pilihan terbaik adalah menggelar kompetisi pada Februari 2021. “Januari kita lihat perkembangan, tapi paling aman digelar Februari ,” kata Akhmad Lukita.

Akhmad Lukita mengatakan pihaknya telah menghubungi seluruh perwakilan klub perihal keputusan penundaan liga. Mereka juga akan menyusun ulang skema serta format kompetisi yang telah disusun sebelumnya.

“Format lagi kita rumuskan ulang yang terbaik dengan mendengarkan masukan-masukan dari klub-klub juga. Nanti LIB akan mengeluarkan surat edaran mengenai jadwal dan format,” ujarnya.

www.tempo.co