JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bawaslu Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan di 35 Kabupaten/Kota Selama Kampanye Pilkada. Rawan Penyebaran Covid-19

Afif Afifudin dari Bawaslu RI saat menyampaikan materi dalam Webinar yang digelar Mappilu PWI, Kamis (1/10/2020). Foto: Dok PWI
   
Afif Afifudin dari Bawaslu RI saat menyampaikan materi dalam Webinar yang digelar Mappilu PWI, Kamis (1/10/2020). Foto: Dok PWI

JAKARTA, JOGLOSEARNEWS.COM – Ketua Divisi  Pengawasan Bawaslu RI, M. Afiffudin mengatakan, Bawaslu RI telah melakukan evaluasi dalam tiga hari terakhir pelaksanaan kampanye Pilkada serentak yaitu pada tanggal 28 – 30 September 2020. Dalam tiga hari tersebut pihak Bawaslu menyimpulkan, terdapat 582 kegiatan kampanye di 187 Kabupaten/Kota.

Dari kegiatan kampanye itu, lanjut Afiffudin, Bawaslu menemukan pelanggaran protokol kesehatan di 35 Kabupaten/Kota, dimana tim kampanye tidak bisa memastikan pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 selama kampanye berlangsung.

Beberapa daerah yang melanggar protokol pencegahan Covid-19 adalah Depok, Trenggalek, Mojokerto, Ketapang, Bontang, Supiori, Bulukumba, Pasangkayu, Makassar dan Solok Selatan.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

“Data dalam 3 hari terakhir menunjukkan, mayoritas pilihan pasangan calon dan tim kampanye masih menggunakan kampanye dalam bentuk pertemuan langsung yang mengabaikan atau berpotensi tidak menggunakan protokol kesehatan, ” jelas Afiffudin dalam webinar yang diselenggarakan Masyarakat & Pers Pemantau Pemilihan Umum (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Kamis (1/10/2020).

Webinar Mappilu

Bawaslu mengkhawatirkan kampanye ini berpotensi adanya penyebaran Covid-19. Ia menyebutkan hasil temuan Bawaslu, ada 582 bentuk kampanye yang jika dirinci sebagai berikut; Pertemuan terbatas/tatap muka sebanyak 250 kegiatan (43 persen), Penyebaran Bahan Kampanye sebanyak 128 kegiatan (22 persen) Pemasangan Alat Peraga sebanyak 99 kegiatan (17 persen), Kampanye Media Sosial sebanyak 64 kegiatan (11 Persen) dan Kampanye dalam Jaringan sebanyak 41 kegiatan.

Baca Juga :  Sampai Rabu, MK Telah Menerima 21 Amicus Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Webinar Mappilu PWI yang kedua ini diselenggarakan dengan tema “Mewujudkan Pilkada Serentak 2020 yang Sehat dan Berbudaya”.  Ratusan peserta yang merupakan wartawan dan anggota PWI di seluruh daerah turut hadir secara virtual. (ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com